Kiri-kanan: Salah satu menu sate di Arang Sate Bar; sudut area makan di Arang Sate Bar.

Arang Sate Bar

Jika TeSaTe menaikkan level sate tradisional, maka Arang Sate Bar memperkaya cakrawala kita tentang definisi sate. Tempat ini menyuguhkan dua jenis menu: sate-sate klasik Indonesia dengan presentasi kontemporer, serta “sate artisan” yang diracik dari pengetahuan mendalam atas bahan dan bumbu.

“Banyak menu terinspirasi oleh pengalaman saya bekerja untuk Nobu Matsuhisa dan Jean-George Vongerichten,” ujar Agung Nugroho, koki sekaligus pendiri Arang Sate Bar. “Saya ingin memberi pendekatan berbeda pada menu Nusantara yang bersejarah dan paling mudah ditemukan di banyak tempat di negeri ini.” Agung bukan nama baru di Bali. Dia adalah pendiri restoran Chandi dan Fat Gajah di Seminyak.

Beberapa kreasi Arang Sate Bar cukup eksperimental. Ada sate tempe yang dipadukan dengan jamur tiram; sate lobster dengan poached apple; serta sate bakso dengan blue cheese. Anda harus membuang konsep konvensional sate untuk bisa menyelami rasanya. Arang Sate Bar memiliki definisi sate yang longgar. Menunya kadang menyerempet gaya yakitori khas Jepang atau shish kebab ala Turki. Satu-satunya elemen yang membuat sajiannya disebut sate adalah: biting sate.

Interior Arang Sate Bar.

Khusus sate-sate klasik Indonesia, Arang Sate Bar menyajikannya dengan presentasi yang modern. Umpamanya sate Madura yang menampilkan tumpukan sate dan potongan lontong yang ditata dalam formasi melingkar. Saus kacangnya hanya dioleskan tipis di dasar piring layaknya saus dalam menu-menu klasik Prancis. Sate terlihat lebih cantik, juga lebih tertata, walau metode menyantapnya sedikit merepotkan.

Arang Sate Bar menempati bangunan langsing dua lantai dengan desain bergaya kafe-kafe trendi khas Melbourne. Area makan disebar di dalam struktur bata. Langit-langitnya disangga rangka-rangka besi yang memancarkan kesan industrial, sementara dindingnya dihiasi cermin-cermin berukuran besar. Arang Sate Bar adalah tipikal restoran hip yang lazimnya tersaji di Seminyak ketimbang Ubud. Dan layaknya tempat yang hip, koktailnya cukup atraktif.—CR

Jl. Raya Ubud 8, Ubud; 0361/4792-199; satearang.com; operasional: setiap hari, 11:00-24:00.