Kian banyak jaringan hotel global yang merasa bertanggung jawab untuk menjaga kelestarian lingkungan. Setelah Hilton, InterContinental Hotel Group (IHG), Marriott International, dan Mandarin Oriental Group, kini giliran Accor yang meluncurkan program ramah lingkungan global.

Bekerja sama dengan Ellen MacArthur Foundation, dan bergabung dalam Global Tourism Plastics Initiative yang dipimpin oleh United Nations Environment Programme (UNEP) dan World Tourism Organization, jaringan hotel asal Prancis ini bakal memangkas penggunaan plastik sekali pakai secara berkala hingga akhir 2022. Program ini bakal diterapkan di seluruh propertinya. 

Jaringan hotel yang didirikan pada 1967 tersebut akan memangkas penggunaan plastik sekali pakai yang ada, mulai dari kamar, lobi, restoran, ruang meeting, hingga pusat kebugaran dan spa. Mulai dari sedotan dan kantong plastik, gelas plastik, pengaduk, cotton buds, serta kartu kunci plastik, dan mengganti botol-botol kecil untuk sabun, sampo, dan pelembap di kamar mandi dengan botol besar isi ulang.

Baca juga: Hotel Bebas Plastik Pertama di Prancis; Program Ramah Lingkungan 5 Hotel di Bali

Jika prosesnya sudah komplet kelak, Accor akan mengurangi sebanyak 200 juta sampah plastik per tahun. Selain menemukan alternatif untuk plastik, pihak hotel juga bakal menerapkan program 3R: Reduce, Re-use, dan Recycle.

“Polusi plastik adalah salah satu tantangan lingkungan utama, dan pariwisata memiliki peran penting untuk berkontribusi dalam memberikan solusi,” ujar Ligia Noronha selaku Environment Programme Economy Division Director, dikutip dari siaran pers yang diterima oleh DestinAsian Indonesia.

Informasi selengkapnya, kunjungi Accor.