IHG Luncurkan Program Ramah Lingkungan Baru

Jaringan hotel asal Inggris ini resmi mengganti tempat sabun dan shampo mini mereka dengan botol berukuran besar.

Dalam beberapa tahun belakangan, isu pemanasan global yang kian santer membuat manusia semakin peduli dengan lingkungan. Melihat fenomena tersebut, hampir seluruh hotel di dunia mau tak mau mengembangkan program-program yang mengapresiasi alam dan budaya lokal. Selain mengembangkan penginapan yang menggunakan produk daur ulang dan hemat listrik, beberapa akomodasi merilis inisiatif-inisiatif yang berorientasi pada lingkungan.

Salah satu jaringan hotel internasional yang peduli dengan isu tersebut adalah IHG. Dalam waktu dekat, jaringan hotel asal Inggris ini sepakat mengganti tempat sabun dan shampo mini mereka dengan botol berukuran besar. Alasannya adalah bahwa amenitas tersebut merupakan barang yang paling sering dibawa pulang oleh tamu, dan apabila tidak terpakai—atau baru terpakai sedikit—bakal langsung menjadi sampah.

Program ini bakal dilakukan secara bertahap, dan diharapkan dapat diaplikasikan pada seluruh portofolio InterContinental Hotels Group—mulai dari Hotel Indigo, Crowne Plaza, Holiday Inn, Intercontinental, dan Kimpton pada 2021 mendatang.

Pihak IHG menyebutkan bahwa tiap tahunnya, ada sekitar 200 juta perlengkapan mandi ukuran kecil yang diletakkan di kamar. Sehingga, menggantinya dengan botol berukuran besar dapat membantu mengurangi limbah secara signifikan. Selain ramah lingkungan, aturan tersebut juga dapat menghemat biaya.

Baca juga: Inisiatif Ramah Lingkungan Jaringan Hotel Dunia; Melacak Hotel Ramah Lingkungan

Sebelum menerbitkan aturan anyar ini, IHG juga telah mengurangi penggunaan sedotan plastik, hingga menggunakan selimut dan sarung bantal yang terbuat dari bahan daur ulang di beberapa akomodasinya.

Informasi selengkapnya, kunjungi IHG.

Comments