Pada 2021, Magic Kingdom Theme Park di Florida menjual lebih dari 12 juta tiket, naik 82% dibandingkan 2020. (Foto: Kaleb Tapp)

Senyum dan tawa mulai kembali ke taman rekreasi. Usai mengalami penurunan jumlah tamu pada 2020, 25 taman rekreasi terbesar di dunia pada 2021 membukukan 141 juta pengunjung, meningkat drastis 70% dibandingkan tahun sebelumnya.

Statistik terbaru taman rekreasi ini dilansir oleh TEA/AECOM Theme Index dalam laporan tahunan mereka. TEA (Themed Entertainment Association) menaungi 1.600 anggota. Sementara AECOM adalah perusahaan kontraktor yang terlibat di banyak proyek infrastruktur.

Tokyo Disneyland, peringkat terbawah dalam daftar 10 taman rekreasi terlaris 2021. (Foto: Romeo A.)

“Industri ini mulai menjalani proses menuju pemulihan di 2021,” tulis John Robinett, Senior Vice President AECOM, dalam laporannya. ”Dibandingkan tahun sebelumnya, taman rekreasi mencatatkan peningkatan pengunjung secara global.”

Amerika Serikat menjadi mesin pertumbuhan utama di bisnis taman rekreasi. Dalam daftar 25 taman rekreasi terlaris tahun lalu, AS menempatkan sembilan wakil dengan pertumbuhan pengunjung rata-rata menembus 100%.

Baca Juga: Museum Terlaris di Dunia 2021

Tiongkok, yang menjadi mesin bisnis hiburan di Asia, juga mengalami pertumbuhan, walau angkanya relatif rendah—hanya 25%. Penyebabnya, menurut TEA/AECOM Theme Index, ialah kebijakan restriksi dan karantina yang ketat dari pemerintah.

Dalam daftar 10 taman rekreasi terlaris di 2021, Magic Kingdom Theme Park di Florida kembali bertengger di puncak tabel usai menjual lebih dari 12 juta tiket. Angka ini naik 82% dibandingkan 2020.

Di posisi kedua, ada Universal Studios Florida yang mendulang 8,9 juta pengunjung. Sementara posisi ketiga dihuni oleh Universal’s Islands of Adventure, juga di Florida, yang menikmati kenaikan jumlah tamu hingga 127%.

Dari luar AS, taman rekreasi yang sukses menembus klasemen 10 besar ialah Tokyo Disneyland, Chimelong Ocean Kingdom di Hengqin, serta Shanghai Disneyland. Ketiganya membukukan pertumbuhan tamu lebih dari 50%.

Wahana bertema Harry Potter di Universal Studios Beijing, taman rekreasi yang diresmikan pada 2021. (Foto: Mingdi Li)

Selain pertumbuhan pengunjung, catatan penting 2021 ialah pembukaan sejumlah taman rekreasi atau wahana baru. Maret 2021, Puy du Fou Spain dibuka, sementara Universal Studios Osaka meresmikan Super Nintendo World. Akhir September, Universal Studios Beijing mulai menerima tamu.

Sejumlah pembukaan besar juga terjadi di 2022. Genting SkyWorlds dan Legoland Korea sudah diresmikan pada awal tahun. Sementara Legoland mengumumkan tiga taman rekreasi baru di Shenzhen, Shanghai, serta Chengdu.