Hotel Bebas Plastik Pertama di Prancis

Pihak hotel bakal menyiapkan sikat gigi bambu dan pasta gigi berbentuk tablet kunyah.

Makin banyak jaringan hotel yang merasa bertanggung jawab untuk menjaga kelestarian lingkungan. Baru-baru ini, Best Western Premier Opéra Liège Paris resmi meluncurkan program ramah lingkungan. Bekerja sama dengan Racing For The Oceans, yakni start-up asal Prancis, yang membantu perusahaan-perusahaan di dunia untuk menjadikan bisnis mereka lebih ramah lingkungan.

Secara berkala hingga akhir Februari 2020 mendatang, hotel bintang empat ini akan mengganti seluruh kemasan dan botol-botol plastik sekali pakai mereka dengan bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan. Program anti kemasan plastik sekali pakai tersebut menjadikan Best Western Premier Opéra Liège sebagai hotel anti plastik pertama di Prancis.

Best Western Premier Opéra Liège bakal pangkas seluruh penggunaan plastik sekali pakai dalam properti mereka.

Nantinya, hotel dengan 50 kamar dan suite ini bakal mengganti kartu akses kamar dengan kartu kayu, tas binatu, sandal, dan kantong sampah yang terbuat dari bambu, hingga mengganti kapsul kopi Nespresso dengan bahan yang terbuat dari kertas yang lebih mudah terurai.

Peralatan di kamar mandi juga bakal mengalami perubahan besar. Alih-alih memiliki tiga botol terpisah untuk sampo, kondisioner dan sabun, hotel tersebut bakal menyediakan sabun batang multifungsi dengan bahan natural. Para tamu juga akan diberikan sikat gigi bambu dan pasta gigi berbentuk tablet kunyah.

Baca juga: Program Ramah Lingkungan 5 Hotel di Bali; Inisiatif Ramah Lingkungan Jaringan Hotel Dunia

Hotel ini juga mengganti kartu akses plastik mereka dengan kartu yang terbuat dari kayu.

Pihak hotel juga akan memasang air mancur untuk mengisi ulang botol-botol kaca yang disediakan di kamar. Selain itu, bar dan restoran hotel tidak akan lagi menyediakan produk dalam kemasan plastik. Jika prosesnya sudah komplet kelak, Best Western Premier Opéra Liège akan mengurangi sebanyak 24.000 sampah botol plastik, 55.000 kemasan kosmetik, dan 16.000 kantong plastik per tahun.

Informasi selengkapnya, kunjungi Best Western Premier Opéra Liège.

Comments