Armada B787 Etihad melayang di atas Abu Dhabi. (Foto: Etihad)

Etihad, sponsor ajang boros emisi Formula 1 Abu Dhabi, meluncurkan inisiatif baru untuk memerangi emisi. Bulan ini, maskapai Uni Emirat Arab ini menawarkan solusi praktis bagi para penumpang yang berniat terbang lebih ramah lingkungan.

Inisiatif bernama Conscious Choices ini diklaim sebagai green loyalty program pertama di dunia. Modusnya simpel: iming-iming insentif. Penumpang akan mendapatkan bonus miles jika sudi mengompensasi emisi penerbangannya atau mengurangi bobot bagasi.

Uniknya, inisiatif ini melebar pula ke kehidupan sehari-hari. Anggota loyalty program bisa mengompensasi emisi dari berkendara atau memasak. Caranya? Menyumbangkan miles untuk kegiatan lingkungan, atau membeli produk ramah lingkungan di Etihad Reward Shop.

Etihad Greenliner, armada yang dikhususkan untuk uji coba bahan bakar ramah lingkungan. (Foto: Etihad)

Merujuk siaran pers Etihad, Conscious Choices merupakan bagian dari ambisi maskapai ini menyabet predikat net zero emissions pada 2050. “Komitmen terhadap sustainability adalah inti bisnis kami, dan kami senang menyambut delapan juta anggota kami untuk ikut serta dalam perjalanan ini,” ujar Tony Douglas, Group CEO Etihad. 

Industri penerbangan, menurut Air Transport Action Group (ATAG), mengembuskan 915 ton CO2 pada 2019. Salah satu solusi terpopuler untuk menjawab problem itu ialah carbon offset alias kompensasi emisi. Contoh praktiknya yang paling simpel ialah penanaman pohon. 

Namun begitu, carbon offset tidaklah murah. Karena itulah banyak maskapai mengajak penumpang ikut patungan. Kebijakan ini sudah ditempuh oleh puluhan maskapai, tapi Etihad yang pertama membakukannya dalam loyalty program.