Beach Bar di Alila Seminyak.

Alila Seminyak
Resor termuda dengan gaya paling muda dalam keluarga Alila.
Oleh Cristian Rahadiansyah

Alila adalah merek bintang lima dengan jumlah properti terbanyak dan cakupan geografis terluas di Bali. Ia hadir di hampir semua kawasan dalam sirkuit utama turis: Ubud, Karangasem, Uluwatu, Tabanan, dan kini, Seminyak. Mungkin itu sebabnya sulit menampik godaan untuk membandingkan Alila Seminyak dari para seniornya, terutama jika Anda seorang “Alila junkie.”

Di Bali, Alila Seminyak adalah satu-satunya resor Alila yang dilengkapi lift, kids’ club, dan ballroom. Jika properti Alila lainnya berbentuk kompleks yang eksklusif, Alila Seminyak justru bersemayam di area permukiman, terbelah secara harfiah oleh sebuah rumah, serta menawarkan sebuah restoran persis di tepi jalan raya yang sibuk.

“Alila” berarti “kejutan” dalam bahasa Sanskerta, dan Alila Seminyak adalah propertinya yang paling mengejutkan. Alila Seminyak memayungi 240 kamar dan sebuah penthouse yang merupakan satu-satunya kamar dengan kolam renang privat. Superior, kamar tipe terendah, diletakkan di tepi jalan raya. “Kamar ini didedikasikan bagi mereka yang ingin lebih mudah menjelajahi Seminyak,” ujar Devina Hindom, Director of Communications.

Kiri: kamar Suite di lengkap dengan balkon privat; kanan: hidangan bebek khas Alila Seminyak.
Kiri: kamar Suite di lengkap dengan balkon privat; kanan: hidangan bebek khas Alila Seminyak.

Berkat fitur yang minimalis, kamar-kamarnya terasa lapang. Di tipe ocean suite misalnya, tidak ada meja kerja, tidak ada pemisahan wastafel pria dan wanita yang menjadi ciri khas Alila. Balkonnya dilengkapi sofa untuk bersantai, sementara bathtub-nya diletakan di dekat jendela agar kita bisa berendam seraya menikmati panorama samudra.

Resor ini dirancang oleh Gaurang Khemka dari URBNarc, firma yang sebelumnya menangani Indian Heritage Centre di Singapura. Secara umum, karakter desain Alila masih terjaga. Ada lantai batu putih yang anggun, papan-papan kayu yang dibariskan apik, serta kamar-kamar yang merangkul alam berkat pintu kaca yang bisa digeser sepenuhnya.

Sesuai filosofi bisnis Alila, resor ini juga menerapkan sejumlah prinsip ramah lingkungan. Sebagian tubuh resor dibuat dari materi daur ulang. Di dalam kamar, AC akan padam otomatis ketika pintu dibuka. Inilah sebagian alasan Alila Seminyak lolos uji EarthCheck dengan poin yang impresif.

Fasilitas andalannya adalah Beach Bar bertubuh kayu yang terletak di samping Party Pool. Dari Kamis hingga Minggu, tempat ini memutar nomor-nomor easy listening racikan DJ Eric Reithler-Barros asal New York.

Melihat desain, menu, dan hiburannya, Beach Bar jelas berniat menjadi wadah hangout alternatif yang lebih “dewasa” di kawasan Seminyak. Dan mungkin karena membidik segmen yang lebih dewasa, tempat ini tutup lebih awal—pukul 23. Tapi kaum nokturnal tak perlu bingung mencari tempat untuk memuaskan insomnia, sebab Alila Seminyak hanya dipisahkan oleh selembar dinding dari Potato Head Beach Club.

Daya Tarik

  • Beach Bar, wadah hangout yang menyuguhkan koktail berkelas, panorama Samudra Hindia, dan pentas DJ Eric Reithler-Barros asal New York.
  • Sesi yoga gratis yang digelar pagi hari di tepi pantai.
  • Menu ayam Tabanan, ramen, dan bulgalbi barbequed short beef ribs.

Jl. Taman Ganesha 9; Petitenget, Kerobokan; 0361/3021-888; alilahotels.com; doubles mulai dari Rp3.457.000.