Yacht yang tersedia untuk disewa tamu di Plataran Menjangan.

Plataran Menjangan
Opsi baru di Buleleng bagi kaum petualang dan pencinta alam.
Oleh Reza Idris

Seperti Aman dan Tugu, merek Plataran dicirikan oleh desain bergaya butik, lokasi premium, dan—jika memungkinkan—pengalaman liburan yang mengajak tamunya menyelami alam liar. Semuanya berhasil diwujudkan di properti barunya di Bali.

Plataran Menjangan berlokasi di bibir Taman Nasional Bali Barat, suaka seluas 19 ribu hektare yang menampung 160 spesies satwa, termasuk burung jalak Bali yang merupakan ikon fauna Pulau Dewata. Menjangkau resor ini menuntut kesabaran, sebab TN Bali Barat sebenarnya lebih dekat ke Banyuwangi ketimbang Denpasar. Dari bandara, kita mesti membelah pulau dengan menyusuri jalan berkelok di pinggang perbukitan, kemudian menembus hutan dan jalur setapak berbatu.

Waktu tempuhnya sekitar empat jam. Plataran Menjangan baru dibuka November silam. Ini resor premium kedua di kawasan TN Bali Barat. Seniornya, The Menjangan, sudah beroperasi sejak 2002.

Kiri: menikmati sesi afternoon tea sambil melihat pemandangan hutan dan laut; kanan: plunge pool yang tersedia di tiap vila.
Kiri: menikmati sesi afternoon tea sambil melihat pemandangan hutan dan laut; kanan: plunge pool yang tersedia di tiap vila.

Kedua properti ini sekarang bertetangga, terpisahkan hanya oleh selembar tembok dan barisan pohon trembesi. “Kami ingin mengakomodasi tamu pasangan dan keluarga,” ujar Yusuf Arif Rahman, Resor Manager. Khusus tamu pasangan, tersedia 20 vila bergaya joglo yang dibariskan di tubir pantai. Sementara untuk tamu keluarga, Plataran Menjangan menawarkan Residence Suite, kompleks berisi tiga bangunan yang memayungi total 42 suite. Fitur standar di kamar antara lain televisi layar datar, iPod dock, serta koneksi internet dengan kecepatan 2,41 Mbps.

Tamu memiliki segala fasilitas yang dibutuhkan untuk menikmati liburan di resor, tapi tawaran terbaik tempat ini sebenarnya berada di luar bangunan. Plataran Menjangan menawarkan beragam paket petualangan alam. Tamu bisa melakoni bird-watching sembari trekking menyusuri rute sepanjang tiga kilometer.

Tamu juga bisa mencoba kayaking menyusuri hutan bakau, snorkeling di Pulau Menjangan, atau berlayar di Teluk Banyuwedang dengan yacht milik resor. Resor ini didesain oleh Terry Armand Architect. Kreasi teruniknya adalah Oktagon, bangunan berbentuk segi delapan setinggi tiga lantai di sisi timur resor. Struktur berbahan bata merah ini memayungi rooftop lounge, kolam renang sepanjang 20 meter, pool bar, serta restoran yang menyajikan menu Indonesia dan Mediterania.

Restoran lainnya, Wantilan Open Kitchen, bersarang di lobi dan mengandalkan menu mango salad dan tom yum talay. Tempat ini juga menyuguhkan sarapan, dan tamu mungkin akan mengenangnya sebagai pengalaman sarapan terbaik di Bali. Sembari menyeruput kopi, kita bisa menyaksikan kawanan rusa berkeliaran, menyerap panorama pagi di Selat Bali, serta mengintip puncak Gunung Raung dan Ijen di pulau seberang.

Daya Tarik

  • Wantilan Open Kitchen, tempat sarapan yang menyuguhkan panorama lautan.
  • Aktivitas seperti trekking dan kayaking yang bisa dinikmati gratis, ditambah tur pesiar yang digelar berdasarkan pesanan.
  • Oktagon, gedung bata yang memayungi restoran, rooftop lounge, dan kolam infinity.

Jl. Raya Seririt, Gilimanuk, Buleleng; 0361/411-388; plataran.com; vila mulai dari Rp6.177.000.