Menyusul Filipina dan Thailand—yang dikabarkan akan segera buka pintu bagi wisatawan mulai bulan depan, kementerian pariwisata Kamboja baru saja mengumumkan bahwa turis internasional yang telah divaksinasi lengkap akan diizinkan kembali datang ke Kamboja pada November 2021.

Selain itu, pemerintah juga sedang mempertimbangkan pengurangan atau menghapus kebijakan karantina 14 hari untuk turis yang telah divaksinasi penuh. Namun, mereka tetap wajib menunjukkan tes COVID negatif 72 jam sebelum perjalanan dan mengikuti serangkaian tes COVID negatif lainnya saat tiba di Bandara Internasional Phnom Penh.

Setelah Singapura, Kamboja menjadi negara kedua yang warganya paling banyak divaksinasi di Asia Tenggara. Lebih dari 60 persen dari 16,5 juta penduduknya sudah divaksinasi sepenuhnya. Selain itu, Pemerintah Kamboja juga telah mulai memvaksinasi anak-anak di atas usia 12 tahun sejak bulan lalu.

Baca juga: 7 Tempat Memikat di Kamboja

Pada April 2020, Kamboja secara ketat menutup perbatasannya untuk turis internasional dalam upaya mengendalikan penyebaran COVID-19. Dan pada Februari 2021, negara ini memberlakukan lockdown nasional selama dua bulan. Kemudian, secara bertahap, pemerintah mulai melakukan vaksinasi massal untuk memperkuat imun penduduk agar tidak mudah tertular.