Maureen Ow
Blog kuliner yang didirikan dan dikelolanya, Miss Tam Chiak, tayang perdana pada Juli 2007 dalam bahasa Hokkien. Pada ulang tahun keempat, seluruh kontennya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

SARAPAN

Interior Chin Mee Chin Confectionery tetap mempertahankan gaya lawas.

Chin Mee Chin Confectionery
Alamat 204 East Coast Road
Reservasi 65/6345-0419
Operasional Selasa-Minggu, 08:00-16:30
Saya seperti terlempar ke era 50-an tiap kali menjejakkan kaki di sini. Meja marmer, taburan kursi kayu, dan lantai mosaiknya memancarkan nuansa retro yang kental. Tak ada yang diubah sejak tempat ini didirikan 60 tahun silam, termasuk daftar menunya yang mencakup menu sarapan terpopuler—roti panggang selai kaya. Kontras dari roti kaya umumnya yang berbentuk irisan roti, tempat ini memakai bun yang dipanggang. Menu populer lainnya cream puff bergaya klasik dan egg tart.

Hill Street Tai Hwa Pork Noodle
Alamat 466 Crawford Lane #01-12; taihwa.com.sg
Reservasi 65/6292-7477
Operasional Setiap hari, 09:30-21:00
Bak chor mee berarti mi daging cincang. Mayoritas turis datang ke Singapura untuk menyantap chili crab dan chicken rice. Tak banyak yang mengetahui bak chor mee juga kuliner unik khas negeri ini, dan Hill Street Tai Hwa Pork Noodle adalah tempat yang sempurna untuk merasakannya. Diracik dengan cabai dan vinegar, minya memproduksi rasa yang kompleks. Daging babinya direndam dalam bumbu rahasia.

MAKAN SIANG

Laksa favorit di restoran Sungei Road Laksa.

Sungei Road Laksa
Alamat Jin Shui Kopitiam, 27 Jalan Berseh #01-100
Reservasi 65/9690-8184
Operasional Setiap hari, 09:30-17:30; tutup Rabu pekan pertama setiap bulan
Stan mungil ini berlokasi di dalam kedai kopi. Antreannya panjang saban Minggu. Stan sederhana ini dikelola tiga wanita yang meracik menu laksa menggunakan tungku arang. Hanya segelintir dapur yang masih melestarikan metode ini. Cara penyajian laksanya tipikal gaya Katong: memakai sendok, tanpa sumpit. Presentasinya cantik: kuah jingga dengan taburan kerang dan daun hijau.

You Huak Restaurant
Alamat 22 Jalan Tampang
Reservasi 65/9843-4699
Operasional Kamis-Selasa, 11:00-23:00
Datang ke sini wajib mencicipi white beehoon seafood. Porsi mininya cuma S$4,50, sedangkan porsi jumbo S$12. Tampilan bihunnya mungkin sedikit pucat, tapi punya cita rasa yang enak. Kuahnya kental dan kaya rasa. Agar lebih menendang, peras jeruk nipis di atas piring, lalu aduk hingga merata. Tempat ini juga sangat murah hati dalam memberi topping, seperti udang, cumi-cumi, telur, dan sayuran. Jangan lewatkan juga seafood dan daging gulung.

MAKAN MALAM
Thien Kee Steamboat Restaurant
Alamat #B1-20 Golden Mile Tower, 6001 Beach Road
Reservasi 65/6293-5910
Operasional Setiap hari, 11:00-22:00
Dua menu terpopulernya: steamboat dan nasi ayam. Restoran ini populer di kalangan warga Hainan yang rindu masakan kampung halamannya. Tidak ada tom yam atau sup herbal, melainkan hanya sup ayam berkuah jernih. Yang menarik, MSG absen sepenuhnya. Steamboat cocok dipadankan dengan nasi ayam. Nasinya padat dan punya aroma yang memikat dari jahe dan kaldunya. Menyantapnya bersama sambal buatan dapur adalah kombinasi maut! Satu lagi yang wajib dicoba adalah pork chop. Dagingnya yang gurih dan tebal dimasak dengan tomat, saus asam manis, serta kacang polong.

The Lighthouse
Alamat Fullerton Hotel Level 8, 1 Fullerton Square; fullertonhotel.com
Reservasi 65/6877-8933
Operasional Senin-Jumat, 12:00-14:30; Setiap hari, 18:30-22:30
Kuliner Italia di Singapura kian memikat berkat kehadiran The Lighthouse, tempat yang fokus pada tradisi dapur Italia selatan. Bahan dapurnya dipasok dari Campania, Sardinia, dan Sicilia. Menu makan malam favorit saya sea rock style risotto yang disajikan dengan udang langoustine, kepiting, remis, kerang, tomat, dan peterseli. Roasted whole sea bass juga menarik. Menu ini disajikan di atas piring kayu cedar dengan sensasi smokey. Bagi penggemar daging, ada grilled Texas rib-eye.