6 Museum Seni di Amsterdam

Amsterdam mengoleksi sekitar 50 museum—statistik yang impresif untuk sebuah kota yang berpopulasi hanya 800.000 jiwa. Kami pilihkan enam museum terbaik bagi pencinta seni.

Van Gogh Museum
Vincent van Gogh adalah pelukis besar lain yang tak bisa dilepaskan dari Amsterdam, walau dunia mungkin mengenangnya sebagai seniman paling tragis dalam sejarah. Van Gogh mengidap gangguan mental, dirawat di rumah sakit jiwa, memotong sendiri (sebagian) telinga kirinya, lalu bunuh diri dengan pistol (walau barang bukti pistol tak pernah ditemukan di TKP). Dan tahukah Anda, Van Gogh cuma berhasil menjual satu karya semasa hidupnya?

Interior Van Gogh Museum dihiasi karya-karya Van Gogh yang sempat dilupakan.
Interior Van Gogh Museum dihiasi karya-karya Van Gogh yang sempat dilupakan.

Van Gogh Museum adalah rumah yang menceritakan hidup dan karya sang perupa enigmatik tersebut. Bangunan modern berwarna abu-abu ini memajang lebih dari 200 lukisan, 500 drawing, dan 700 surat pribadi sang pelukis. Mengenang 125 tahun kepergian Van Gogh, museum ini menyelenggarakan ekshibisi langka bertajuk Munch : Van Gogh, yang bergulir dari 25 September 2015 hingga 17 Januari 2016. Kita bisa menyaksikan banyak karya masyhur, sebut saja Starry Night over the Rhone, Garden of the Asylum, serta Wheatfield with a Reaper. vangoghmuseum.nl.

Comments