Interior Stedelijk Museum.

Oleh Cristian Rahadiansyah
Foto oleh Donang Wahyu

Salah satu alasan Amsterdam dijuluki kota paling liberal di dunia adalah karena kota ini tidak memasang pagar bagi kebebasan untuk bereksperimen dan berekspresi. Dan tempat paling ideal untuk menyaksikan buah dari kebebasan itu adalah museum. Berikut enam museum seni di Amsterdam yang menarik dikunjungi.

Stedelijk Museum
Pijakan awal yang ideal untuk memahami perkembangan seni di Amsterdam. Stedelijk adalah museum seni modern dan kontemporer terbesar di Belanda. Selain memajang karya-karya para maestro, tempat ini mengulas gerakan-gerakan seni yang pernah singgah dan tumbuh di Belanda, mulai dari De Stijl, Amsterdam Impressionism, CoBrA, Dada, hingga Zero. Di luar itu, terdapat karya sejumlah perupa kondang dunia, misalnya Salvador Dalí, Picasso, serta Andy Warhol.

Koleksi di Stedelijk dipajang secara kronologis mulai dari periode 1860 hingga masa kini. Usai direnovasi dengan biaya $165 juta, Stedelijk meresmikan sayap baru yang dijuluki bathtub, karena bentuknya memang menyerupai bathtub. Sayap baru ini didedikasikan bagi pameran temporer, salah satunya Let Us Explore the Stars yang menampilkan karya-karya seniman yang tumbuh di masa eksplorasi luar angkasa periode 1957-1967. Stedelijk berlokasi di Museum Square, alun-alun megah yang juga menampung Rijksmuseum dan Van Gogh Museum. stedelijk.nl.