Warisan Masa Silam Fukuoka

Salah satu bangunan di Dazaifu Tenmangu Shrine, kuil yang didedikasikan bagi cendekiawan Sugawara Michizane.

Walau berstatus kota modern, Fukuoka masih merawat warisan masa silamnya dengan baik. Kota ini menyimpan banyak kuil kuno. Salah satu yang terpopuler adalah Dazaifu Tenmangu Shrine.

Dazaifu Tenmangu Shrine hanya berjarak 250 meter dari Stasiun Dazaifu. Kita bisa menjangkaunya dengan menaiki bus atau taksi. Kuil ini senantiasa memikat ribuan wisatawan saban tahunnya. Bersama Kitano Tenmangu di Kyoto, Dazaifu Tenmangu Shrine didedikasikan untuk cendekiawan tersohor Sugawara Michizane dari Periode Heian (794-1185). Makamnya yang berada di kompleks kuil selalu menjadi persinggahan wajib para peziarah dan wisatawan, terutama di musim liburan.

Berkunjung ke Dazaifu Tenmangu Shrine, kita bisa menikmati keindahan bangunan tua yang dihiasi taman-taman rindang. Setidaknya ada tiga objek menarik di sini. Berjalan menuju kompleks kuil, kita akan dijamu pohon Kusunoki berumur 1.000 tahun. Kemudian, berjalan beberapa meter lagi, kita akan disambut oleh jembatan melengkung berwarna merah Taikobashi dan kolam Shinjiike yang desainnya memetik inspirasi ideogram hati.

Kiri-kanan: Wisatawan berziarah di Dazaifu Tenmangu Shrine; kuil ini juga digunakan sebagai tempat berdoa warga lokal.

Bangunan andalan di kompleks bersejarah ini adalah aula utama Honden yang menampilkan struktur sepuh buatan 1591. Desainnya memancarkan arsitektur khas Periode Azuchi Momoyama (1573-1603). Untuk menjangkaunya, kita mesti meniti area lapang beralaskan pasir. Jika ingin menyelami sejarah kuil, wisatawan bisa berkunjung ke Dazaifu Tenmangu Shrine Museum yang dibangun pada 1928 guna mengenang ulang tahun ke-1.025 Sugawara Michizane. Museum ini memajang aneka koleksi seni dan artefak milik Dazaifu Tenmangu Shrine.

Di masa-masa ujian nasional, menurut warga sekitar, Dazaifu Tenmangu Shrine rutin disambangi para pelajar. Mereka umumnya datang untuk memohon agar ujian berlangsung lancar dan meraih kelulusan. Metode doanya cukup unik, yakni memegang tanduk patung kerbau yang terbuat sepenuhnya dari perunggu.

Panduan

Alamat: 4-7-1 Saifu, Kota Dazaifu, Prefektur Fukuoka
Stasiun terdekat: Stasiun Futsukaichi (JR Kyushu, Kagoshima Main Line)
Akses: Dari Stasiun Futsukaichi, jalan kaki sekitar 10 menit ke Stasiun Nishitetsu Futsukaichi (Nishi-Nippon Railroad, Dazaifu Line), lalu ke Stasiun Dazaifu
Tiket masuk: Gratis
Situs: dazaifutenmangu.or.jp/en

Untuk melihat destinasi-destinasi wisata menarik lainnya di Fukuoka, silakan unduh secara gratis di sini.



Comments

Related Posts

1761 Views

Book your hotel

Book your flight