Tren Wisata Baru Milenial: Mobilemoon

Kini ponsel pintar kesayangan bisa jadi "pasangan" liburan Anda. (Foto: Clem Onojeghuo)

Setelah beberapa waktu lalu tren babymoon—yakni liburan saat hamil, sempat menjadi topik hangat di kalangan pelancong yang telah berpasangan, kini perusahaan perjalanan asal Amerika Serikat, Expedia baru saja mempopulerkan istilah baru: mobilemoon.

Fenomena ini muncul untuk menggambarkan kebiasaan para solo traveler yang kerap mengandalkan ponsel pintar untuk membantu mereka selama liburan. Mulai dari mengecek Google Maps, memesan tiket transportasi dan hotel, hingga memakai aplikasi penerjemah.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Expedia pada Juli 2019 silam mendata bahwa nyaris 33 persen pelancong generasi milenial mengatakan lebih suka membawa ponsel mereka saat melakukan perjalanan daripada membawa teman. Selain itu, mereka juga lebih nyaman bepergian sendiri dan bertemu orang baru daripada pergi bersama teman.

Baca juga: Tur Khusus Pelancong Milenial di Roma; 9 Merek Hotel Khusus Turis Milenial; 10 Kota Terbaik untuk Milenial

Seperti dikutip dari Travel and Leisure, salah satu responden menyebutkan bahwa solo traveling dapat meningkatkan kepercayaan diri dan belajar mandiri. Mereka dipaksa keluar dari zona nyaman, bertanya arah kepada orang asing, memulai percakapan di restoran hingga mencari rute dan mengatur jadwal perjalanan sendiri. Selain itu, cara ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengenal diri sendiri dan mencari suasana baru.

Menariknya, lima persen responden Expedia mengatakan, bahwa mereka termotivasi untuk melakukan perjalanan solo setelah melihat film atau membaca novel “Eat Pray Love.”

Informasi selengkapnya, kunjungi Expedia.

Comments