Rute Domestik Bandara Adisutjipto Segera Pindah ke YIA

Nantinya, YIA bakal melayani lebih dari 180 jadwal penerbangan domestik.

Jumlah pengunjung yang semakin meningkat tiap tahunnya serta kapasitas Bandara Internasional Adisutjipto yang sudah terlalu padat membuat pemerintah dan PT Angkasa Pura I resmi membangun bandara pengganti. Bersemayam di Kabupaten Kulon Progo, bandara yang diberi nama Yogyakarta International Airport (YIA) ini sudah mulai beroperasi dan melayani beberapa rute domestik pada April 2019 silam.

Namun, pada akhir Januari 2020, PT Angkasa Pura I menargetkan bakal menyelesaikan seluruh perpindahan rute domestik dari Bandara Adisutjipto ke YIA. Nantinya, bandara baru tersebut bakal melayani lebih dari 180 jadwal penerbangan domestik.

Setelah seluruh penerbangan domestik resmi dialihkan ke YIA, target selanjutnya adalah mempersiapkan diri untuk melayani pernerbangan internasional. Pihak bandara juga menyebutkan bahwa bandara ini siap melayani penerbangan internasional pada 2020 mendatang. Mereka juga menjelaskan bahwa pesawat berukuran besar seperti Boeng 747 aman untuk lepas landas dan mendarat di landasan pacu YIA.

Baca juga: Solusi Ramah Lingkungan Bandara di Dunia; 5 Restoran Baru di Bandara Internasional Hong Kong

Karena lokasinya lebih strategis—terletak di sisi barat Yogyakarta dan berbatasan dengan Jawa Tengah—wisatawan mancanegara yang mendarat di Yogyakarta International Airport juga dapat lebih mudah mengunjungi objek wisata di kawasan Jawa Tengah.

Pihak bandara juga menyebutkan bahwa saat ini akses untuk masuk ke YIA bisa menggunakan transportasi publik kereta api dari Stasiun Tugu Jogja yang memakan waktu tempuh 40 menit. Namun, nantinya mereka kembali akan membangun jalur khusus kereta api khusus yang langsung menuju YIA untuk memudahkan para calon penumpang yang akan terbang dari dan menuju bandara.

Informasi selengkapnya, kunjungi PT Angkasa Pura I.

Comments