Oceanfront Suite di Nikko Bali. Tim tata graha hotel ini bisa disewa untuk membersihkan rumah. (Foto: Dewandra Djelantik/Nikko Bali)

Di tengah pandemi, sebuah hotel di Bali cetuskan servis revolusioner: menghadirkan layanan hotel di rumah. Anda bisa memesan koki, bartender, terapis pijat, bahkan tim tata graha hotel untuk dikirim langsung ke rumah Anda.  

Inovasi kreatif itu diluncurkan oleh Nikko Bali Benoa Beach pada akhir Agustus. Ide di baliknya cukup simpel: banyak orang butuh layanan personal, tapi masih cemas meninggalkan rumah. “Karena itulah kami membawa keramahtamahan terbaik tepat ke ambang pintu rumah mereka,” jelas Masaya Hasebe, General Manager Nikko Bali.

Nikko Bali menyebut strategi “jemput bola” itu Nikko Home Indulgence. Di dalamnya tercakup 18 layanan dalam tiga kategori utama: katering, pembersihan rumah, serta pijat dan perawatan tubuh.

Koki dan sashimi set di Nagisa Izakaya. Lewat servis Nikko Home Indulgence, Anda bisa memesan koki dan paket makan di rumah. (Foto: Dewandra Djelantik/Nikko Bali)

Untuk kategori katering, Anda bisa menyewa koki atau bartender pribadi dengan harga mulai dari Rp500.000. Jika malas cari bahan masak sendiri, tersedia opsi makan malam romantis Rp1.730.000 per dua orang. 

Untuk kategori bersih-bersih rumah, paketnya dibanderol Rp50.000 per jam per staf. Sementara untuk kategori terakhir, Nikko Bali tawarkan jasa pijat, facial, serta potong rambut dengan tarif mulai dari Rp275.000. Kedua kategori ini mengisi ceruk pasar yang lowong usai GoMassage dan GoClean dibekukan pada 27 Juli.

Baca Juga: Airbnb Kini Larang Pesta & Batasi Jumlah Tamu

Untuk tiap layanan, pihak hotel berjanji akan mengutus tim profesional yang dibekali alat pelindung diri, termasuk face shield, masker, serta sarung tangan. Di sisi lain, klien pemesan akan diukur suhunya dan diminta memakai masker. “Keamanan tamu dan tim kami tetap menjadi prioritas utama,” tambah Masaya Hasebe, yang mengisi kursi GM Nikko Bali sejak Maret.

Layanan “hotel masuk rumah” dari Nikko Bali tersedia mulai 1 September, hanya untuk rumah atau vila di kawasan Nusa Dua. Reservasi mesti dilakukan via surel atau telepon, paling lambat sehari sebelumnya.

Terapis spa Nikko Bali bisa dipesan ke rumah untuk layanan pijat khas Bali, refleksologi, dan facial. (Foto: Dewandra Djelantik/Nikko Bali)

Nikko Home Indulgence adalah contoh lain dari strategi hotel di Bali bertahan di musim paceklik tamu. Pada bulan-bulan awal pandemi, banyak hotel giat menjual paket staycation. Kemudian, saat virus mengganas, mereka aktif menawarkan promo book now stay later, termasuk menjual voucher lewat toko online.

Baca Juga: 5 Cara Hotel Tingkatkan Rasa Aman Tamu

Sebelum luncurkan Nikko Home Indulgence, Nikko Bali telah menempuh aneka siasat. Selain tawarkan promo menginap, hotel ini membuka layanan pesan-antar makanan, lalu menambah saluran pengirimannya lewat kemitraan dengan Bluebird Group. Awal Agustus, Nikko Bali menawarkan fasilitas coworking space, kemudian menyewakan area terbukanya untuk sesi yoga dan piknik tepi pantai. —Cristian Rahadiansyah