Salah satu benteng bagian Tembok Besar Cina di Shandan, Provinsi Gansu.

Bersepeda Menyusuri Tembok Besar Cina
Oleh Fan Shi San
Menaiki sepeda menyusuri Tembok Besar Cina hingga perbatasan Korea Utara. Ekspedisi 6.500 kilometer yang menuturkan transisi besar sejak era kekaisaran.

Eksperimen Visual: Satu Bingkai, Dua Zaman
Oleh Erly Bahsan
Memotret perjalanan kota dengan menyandingkan foto tua dan baru. Hasilnya adalah sebuah kontras yang membuat kita berpikir tentang bagaimana realitas dikonstruksi dan sejauh mana zaman bergeser.

Istana presiden di Stepanakert, Ibu Kota Nagorno-Karabakh.

Negara yang Belum Diakui Dunia
Oleh Francesco Alesi
Nagorno-Karabakh terperangkap pergulatan politik yang tersisa sejak tumbangnya Uni Soviet. Negara ini menyatakan merdeka pada 1991, tapi hingga kini dunia belum mengakui eksistensinya.

Mereka yang Hidup Dalam Benteng
Oleh Rosa Panggabean
Sebuah penjara bagi sebagian orang, sebuah hunian bagi yang lain. Benteng Pendem, bangunan warisan Belanda di Ambarawa, mengajak kita berpikir ulang tentang definisi rumah.

Tanah longsor pada 1963 memicu eksodus warga Craco. Setelah penghuni terakhirnya hengkang pada 1981, tempat ini pun resmi menyandang status kota hantu.

Operasi Rumah Hantu di Italia
Oleh Bruno Zanzottera
Proyek Operasi Rumah Hantu di Italia berhasil melacak sekitar 1.500 desa yang terbengkalai akibat bencana alam atau migrasi, lalu perlahan menghilang dari peta. Harapan restorasi kini disandarkan pada uluran uang dari para jutawan.

Balada Kota Jakarta
Oleh Rian Afriadi
Direkam lewat pendekatan street photography, Jakarta tampil layaknya sebuah kekacauan yang humoris sekaligus sebuah humor tentang kekacauan.

Seorang suku Masai di atas gunung vulkanis Ol Doinyo Lengai di wilayah semi gurun Lembah Rift di sisi utara Tanzania. (Lembah Rift, Tanzania)

Orang di Tikungan Alam
Oleh Bruno Zanzottera
Di tengah derasnya arus urbanisasi, sejumlah kelompok manusia memilih bertahan di medan ekstrem, di mana hidup berarti perjuangan dan embusan napas adalah berkah yang patut disyukuri setiap detik.

Tari Purba di Tepi Batur
Oleh Johannes P. Christo
Sekali tiap dua tahun, warga Desa Terunyan menggelar tari tolak bala yang memperlihatkan wajah purba Bali. Tak kalah unik, para penari berkeliaran seraya mencambuk penonton.

Jason McMaster, vokalis grup musik Dangerous Toys.

Festival Musik Rok di Tengah Samudra
Oleh Andrea Forlani
Ibarat Summer Sonic terapung, Monsters of Rock Cruise menyuguhkan pentas grup-grup cadas di atas kapal pesiar. Kombinasi apik antara konser musik dan petualangan bahari.

Ritus Misterius Pedalaman Sulawesi
Oleh Yusuf Wahil
Mamasa, dataran tinggi terpencil di Sulawesi Barat, memiliki sebuah ritus purba yang berhasil selamat dari kedatangan agama samawi. Setahun sekali, warganya mengeluarkan jenazah dari liang, meratapi almarhum, lalu menguburnya kembali.