Teknologi Terbaru Bandara Hong Kong

Bandara ini akhirnya meresmikan teknologi pengenalan wajah.

Meski agak terlambat dibanding bandara lainnya, akhirnya Bandara Internasional Hong Kong resmi memasang pos pemeriksaan otomatis (e-Security Gates) yang dilengkapi teknologi pengenalan wajah. Sejak beberapa tahun belakangan, fasilitas facial-recognition tersebut telah banyak digunakan di bandara-bandara dunia untuk tujuan prosesi dan keamanan, sebut saja Schiphol, Changi, hingga Bandara Internasional Dubai.

“Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan akurasi proses pemeriksaan dokumen,” ujar Chris Au Young, General Manager, Smart Airport – Airport Authority Hong Kong. “Ini juga menandai langkah awal kami dalam memanfaatkan teknologi biometrik,” lanjutnya.

Baca juga: Distrik Kuliner Baru di Hong Kong6 Tempat Pilihan di Hong Kong

Nantinya, layanan ini memungkinkan para pelancong menyelesaikan proses pemeriksaan keamanan hanya dalam waktu 20 detik. Mekanismenya: penumpang memindai paspor dan boarding pass, kemudian gate akan secara otomatis mengenali wajahnya untuk verifikasi identitas. Sampai berita diturunkan, bandara telah memasang empat gate pemeriksaan barang dan imigrasi di Terminal 1 South Departure Hall. Rencananya, HKIA bakal memasang sebanyak 44 gate hingga awal 2019.

Dalam waktu dekat, HKIA juga akan menyematkan teknologi biometrik dan pengenalan wajah untuk proses check-in dan pengecekan boarding pass. Sebenarnya, teknologi tersebut bukan satu-satunya cara mutakhir yang dilakukan salah satu bandara tersibuk di dunia ini. Tahun lalu, mereka telah menyediakan pintu khusus (Courtesy Channel) yang didedikasikan untuk penumpang premium dan berkebutuhan khusus.

Informasi lebih lanjut, kunjungi Bandara Internasional Hong Kong.

Comments