Setelah sempat mengizinkan wisatawan kembali datang ke negaranya beberapa waktu lalu, baru-baru ini Vietnam berencana bakal menghentikan sementara kedatangan warga negara asing dengan beberapa pengecualian. Hanya warga negara Vietnam, diplomat, pejabat, investor asing, dan tenaga ahli yang diizinkan datang kembali ke Vietnam. Pembebasan visa dan layanan Visa on Arrival juga telah ditangguhkan unuk sementara waktu.

Untuk memasuki Vietnam, mereka wajib mengirimkan aplikasi daring sebelum tiba, yang ditujukan kepada pemerintah Vietnam. Selain itu, siapa saja yang memasuki Vietnam juga harus menjalani pemeriksaan medis dan karantina selama 14 hari pada saat kedatangan.

Namun, jika mereka mengunjungi negara itu kurang dari 14 hari, bakal dapat keringanan asalkan mereka dapat menunjukkan bukti tes negatif Covid-19. Dalam upaya menghentikan penyebaran virus COVID-19, Kementerian Kesehatan Vietnam mewajibkan semua orang untuk memakai masker di tempat umum. Mereka yang melanggar peraturan akan didenda.

Baca juga: Syarat Baru Masuk Singapura

Untuk memasuki negara itu, pelancong wajib memiliki asuransi kesehatan internasional yang valid dan bertanggung jawab atas segala biaya yang timbul jika tertular virus dan membutuhkan bantuan medis. Ada 4 jenis karantina yang wajib dilakukan bagi siapa saja yang telah melakukan kontak dekat dengan orang yang dinyatakan positif:

  • Karantina mandiri di rumah atau hotel dengan pemeriksaan rutin oleh otoritas kesehatan setempat,
  • Karantina di fasilitas kesehatan bagi mereka yang menunjukkan gejala virus.
  • Karantina di tempat non-medis bagi mereka yang kembali dari daerah berisiko tinggi, dan
  • Komunitas tertutup bagi mereka yang datang dari daerah berisiko tinggi.

Informasi selengkapnya, kunjungi vietnam.travel.