Jika Prancis sejak tahun lalu mengenang separuh milenium kepergian Leonardo Da Vinci lewat pameran khusus sang maestro, kini giliran Jerman yang bakal menggelar sejumlah acara yang merayakan 250 tahun kelahiran Ludwig van Beethoven.

Dalam rangka merayakan dua abad kelahiran pianis dan komposer asal Jerman tersebut, Badan Pariwisata Nasional Jerman (German National Tourist Board/GNTB) resmi meluncurkan promosi wisata budaya bertajuk ‘Discover Beethoven’.

CEO GNTB, Petra Hedorfer menuturkan bahwa wisata budaya menjadi salah satu fokus utama wisata Jerman pada tahun ini. Kampanye ‘Discover Beethoven’ diharapkan bisa mengundang lebih banyak turis pecinta seni budaya ke Jerman, terutama ke kota Bonn. tempat kelahiran Beethoven.

Sebagai bagian dari kampanye Beethoven ini, pihak GNTB akan menampilkan berbagai kegiatan seni budaya yang menggunakan elemen digital untuk meningkatkan posisi Jerman sebagai ‘negara musik’. Mulai dari konser musik elektronik yang menampilkan Kraftwerk di Bonn pada 16 Mei 2020, hingga konser orkestra karya-karya Beethoven di Gedung Parlemen Bonn pada 17 Desember 2020 mendatang.

Baca juga: 8 Tempat Wisata Memikat di Jerman; 48 Jam di Berlin

Instrumen asli Beethoven di Beethoven-Haus Bonn.

Sebenarnya, kampanye ini telah dimulai sejak Desember tahun lalu, saat pembukaan kembali Beethoven-Haus Bonn usai direnovasi. Museum tersebut menyimpan aneka penghargaan, surat, lukisan, instrumen asli, hingga piano, dan catatan penting sang komposer yang lahir pada Desember 1770 ini. Salah satu catatan penting berisi cara komunikasi Beethoven yang mulai tuli pada 1801.

Untuk mempromosikan kampanye tersebut, GNTB telah bekerja sama dengan Beethoven Jubiläums GmbH—anak perusahaan Beethoven-Haus Foundation yang memiliki wewenang untuk membentuk, mempromosikan, dan mengkoordinasikan perayaan kelahiran Beethoven.

Informasi selengkapnya, kunjungi GNTB.