Kampung Kliwonan, Solo.

Oleh Fransisca Angela

Memiliki teman sepermainan sejak di bangku sekolah yang sama-sama gemar traveling membuat hidup menjadi jauh lebih menyenangkan. Bersama mereka, saya selalu rutin merencanakan perjalanan paling tidak satu tahun sekali. Traveling identik dengan fotografi. Dari 10 teman terdekat saya, hanya empat orang yang hobi fotografi. Dan dalam rombongan tersebut, saya selalu menjadi yang paling belakang karena sibuk dengan kamera saya.

Hamparan edelweiss, Gunung Papandayan.

Namun hal tersebut membawa inspirasi bagi saya. Karena kebanyakan foto perjalanan saya dihiasi punggung mereka, timbullah ide untuk menggarap seri “What You See.” Bagi saya, proyek ini sangat personal karena obyek foto yang ada adalah teman-teman terdekat yang sedang mengagumi keindahan alam di depannya. Melalui proyek ini saya ingin menuturkan pengalaman pribadi saya ketika menyaksikan teman-teman saya terpaku menikmati keindahan alam Indonesia. Saya ingin orang lain yang melihatnya juga merasakan apa yang saya lihat ketika mengabadikan foto-foto tersebut.

Sungai Sekonyer, Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah.

Proyek ini sudah berjalan selama kurang lebih dua tahun. Selama durasi tersebut, saya kerap mendapatkan kesempatan menjelajah Indonesia bersama orang-orang baru. Seperti dua tahun lalu, misalnya, ketika pekerjaan paruh waktu saya di sebuah agen periklanan membawa saya menjelajahi Sungai Sekonyer di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Atau ketika saya bertugas untuk majalah Alphabet Journal mengabadikan kehidupan warga di Desa Batik Kliwonan di Solo. Dari kesempatan itu, selain menjadikan teman saya sebagai model, saya juga melibatkan masyarakat lokal. Seperti salah satu foto warga yang tengah memancing di Pantai Sawarna, Banten.

Pantai Sawarna, Banten.

Proyek yang dimulai dari tahun 2013 ini diabadikan menggunakan kamera digital, handphone, dan analog. Beberapa tempat yang pernah menjadi lokasinya, di antaranya Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah; sabana di Gunung Bromo; hamparan edelweiss di Gunung Papandayan; Danau Ranu Kumbolo, dan masih banyak lagi. Hingga sekarang sudah sebanyak 25 foto terkumpul dan rencananya akan terus bertambah hingga 60 foto. Harapan saya, proyek “What You See” ini bisa berkembang ke medium lain lewat buku atau pameran.

kampung kliwonan solo edelweiss gunung papandayan sungai sekonyer pantai sawarna
Sungai Sekonyer, Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah.