Mulai akhir Oktober 2020, pemerintah India telah melakukan pelonggaran pembatasan visa. Dengan kebijakan ini, India resmi mengizinkan seluruh warga negara asing datang melalui jalur udara atau laut untuk keperluan apa saja, mulai dari bisnis hingga pendidikan, dan kesehatan—namun kecuali untuk pariwisata.

Nantinya, pemegang kartu Kewarganegaraan Luar Negeri India (OCI), Person of India Origin (PIO), dan semua warga negara asing lainnya yang bermaksud mengunjungi India selain dengan Visa Turis, diperbolehkan berkunjung melalui bandara resmi dan pos pemeriksaan imigrasi pelabuhan.

Namun, seluruh pelancong tetap harus benar-benar mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan oleh Kementerian Kesehatan India mengenai pemakaian masker dan kewajiban untuk melakukan karantina. Dan untuk warga negara asing yang ingin mengunjungi India untuk perawatan medis dapat mengajukan Visa Medis termasuk untuk petugas medis mereka.

Baca juga: Pesta Harian di Perbatasan India-Pakistan

Mengingat situasi yang timbul dari pandemi COVID-19, Pemerintah India lumayan tanggap dalam mengambil serangkaian langkah preventif, dan memutuskan untuk membatasi pergerakan masuk turis asing sejak Februari 2020.