Selain Passport Index, tiap awal tahun, Henley Passport Index juga rutin merilis daftar paspor terkuat berdasarkan data eksklusif yang disusun dari International Air Transport Association (IATA). Hasil survei yang membandingkan 199 paspor ini diperbarui secara real-time setiap ada kebijakan visa baru. Sedikit berbeda dengan daftar Passport Index yang hanya menghitung negara dengan paspor bebas visa, sehingga pemegangnya tetap harus mengurus perizinan lainnya seperti surat kunjungan atau visa elektronik.

Tahun ini, Henley Passport Index kembali menetapkan Jepang sebagai pemilik paspor terkuat dunia pada 2021 dengan akses bebas ke 191 negara tanpa visa. Ini sekaligus menjadikan Jepang selama empat tahun berturut-turut menduduki peringkat teratas sebagai paspor paling sakti sejagat. Tercatat, pemilik paspor Negara Sakura tersebut memiliki akses Bebas Visa Kunjungan (BVK) dan Visa on Arrival (VoA) ke 191 negara di dunia.

Tahun ini daftarnya tak banyak berubah. Singapura menyusul di posisi kedua dengan 190 negara, kemudian Korea Selatan dan Jerman berada di peringkat tiga dengan 189 negara. Ini juga menjadikan Singapura berada di posisi kedua dalam empat tahun berturut-turut dengan akses ke 190 negara.

Tempat keempat dengan 188 tujuan dibagi oleh Italia, Finlandia, Spanyol, dan Luxembourg, sementara tempat kelima dengan 187 negara dipegang oleh Denmark dan Austria.

Baca juga: Paspor Terkuat di Dunia 2020

Sementara Indonesia berada di peringkat 74 dengan 71 kunjungan negara bebas visa. Peringkat terbawah negara pemegang paspor terlemah dihuni oleh Irak dan Afganistan dengan akses hanya ke 28 dan 26 negara. Berikut sepuluh paspor terkuat versi Henley Passport Index:

  1. Jepang – 191 negara
  2. Singapura – 190 negara
  3. Korea Selatan dan Jerman – 189 negara
  4. Italia, Luxembourg, Spanyol dan Finlandia – 188 negara
  5. Austria dan Denmark – 187 negara
  6. Swedia, Irlandia, Belanda, Portugal, dan Prancis – 186 negara
  7. Belgia, Selandia Baru, Swiss, Amerika Serikat, Norwegia, dan Inggris – 185 negara
  8. Australia, Ceko, Yunani, dan Malta – 184 negara
  9. Kanada – 183 negara
  10. Hungaria – 182 negara

Informasi selengkapnya, kunjungi Henley Passport Index.