Pandemi telah menyebabkan banyak perubahan, termasuk dalam pembatasan perjalanan dengan sejumlah aturan baru yang juga berdampak pada perjalanan bebas visa. Di tengah masalah perjalanan tersebut, Passport Index resmi menempatkan paspor Selandia Baru menjadi dokumen perjalanan terkuat di seluruh dunia.

Sebagai ajang tahunan besutan perusahaan kependudukan internasional dan penasihat kewarganegaraan, Arton Capital, Passport Index baru saja merilis daftar Paspor Terkuat 2020. Indeks itu mengamati paspor yang dimiliki oleh 193 negara anggota PBB dan enam teritorial.

Sejumlah faktor turut memengaruhi peringkat dalam indeks itu, termasuk skor mobilitas, persyaratan visa, otorisasi perjalanan elektronik, dan skor keterbukaan negara di dunia. Langkah-langkah pencegahan dan pembatasan terkait Covid-19 juga berperan dalam daftar peringkat tersebut.

Saat ini, Selandia Baru memiliki akses bebas visa, atau visa on arrival ke 129 negara dan wilayah. Disusul oleh Jerman, Austria, Luxembourg, Swiss, Irlandia, Jepang, Korea Selatan dan Australia dengan skor 128. Sedangkan Swedia, Belgia, Prancis, Finlandia, Italia dan Spanyol berada di urutan ketiga dengan skor 127.

Baca juga: Thailand Luncurkan Visa Wisata 90 Hari

Urutan paspor Amerika Serikat anjlok ke posisi 21 akibat penanganan Covid-19 mereka yang dinilai buruk dan tidak banyak negara serta wilayah yang menyambut pelancong asal negara tersebut. Sementara Indonesia berada di posisi 49 dengan skor 61. Berikut sepuluh paspor terkuat versi Passport Index:

  1. Selandia Baru – 129 negara
  2. Jerman, Austria, Luxembourg, Swiss, Irlandia, Jepang, Korea Selatan dan Australia – 128 negara
  3. Swedia, Belgia, Prancis, Finlandia, Italia dan Spanyol – 127 negara
  4. Belanda, Denmark, Portugal, Lithuania, Norwegia, Islandia, Inggris, Kanada– 126 negara
  5. Malta, Slovenia, dan Latvia – 125 negara
  6. Ceko, Estonia, Yunani, Polandia, Hungaria dan Liechtenstein – 124 negara
  7. Slovakia – 123 negara
  8. Siprus, Kroasia, dan Monako– 121 negara
  9. Romania dan Bulgaria – 120 negara
  10. San Marino, Andorra, dan Uruguay – 115 negara

Informasi selengkapnya, kunjungi Passport Index.