Kapal Pesiar Bebas Plastik Pertama di Dunia

Norwegian Cruise Line bakal pangkas seluruh penggunaan plastik sekali pakai.

Dalam beberapa tahun belakangan, isu pemanasan global membuat manusia kian peduli dengan lingkungan. Mulai dari meluncurkan maskapai ramah lingkungan, mendirikan bandara hijau, hingga membangun penginapan ramah lingkungan. Faktor lain yang mendorong hal tersebut adalah adanya kesadaran mengenai dampak buruk pariwisata terhadap suatu destinasi.

Setelah tahun lalu Hi Fly resmi meluncurkan penerbangan bebas sampah plastik pertama, kali ini giliran jaringan kapal pesiar yang menunjukkan kepedulian mereka terhadap isu tersebut. Salah satunya adalah Norwegian Cruise Line. Bertekad menjadi jaringan kapal pesiar bebas plastik pertama di dunia, tur pesiar tersebut resmi mereduksi penggunaan plastik—terutama botol minum—sekali pakai dalam setiap pelayarannya.

Bekerja sama dengan perusahaan air mineral JUST® Goods, Inc., milik aktivis, rapper, penulis lagu hingga aktor tersohor asal Amerika, Jaden Smith, Norwegian Cruise Line sepakat mengganti semua botol minuman plastiknya dengan tempat minum daur ulang JUST Water. Karton tersebut terbuat dari 82% bahan daur ulang dengan tutup plastik yang terbuat dari tebu, sehingga dapat digunakan berkali-kali. Aturan baru ini bakal diterapkan pada 17 armada Norwegian Cruise Line termasuk armada barunya, yakni Encore Norwegia. Pihak pengelola kapal berharap mereka dapat mengurangi setidaknya enam juta botol plastik per tahun.

Baca juga: Berlayar Bersama Kapal Pesiar Paling Ramah Lingkungan; Maskapai Anti Sedotan Plastik

Meski terbuat dari karton daur ulang, tempat minum JUST Water dapat digunakan berkali-kali.

“Sebagai salah satu tur pesiar terkemuka, kami bangga dapat melakukan perubahan ini. Kami juga terus berkomitmen untuk menjadikan Norwegian Cruise Line sebagai perusahaan yang ramah lingkungan,” ujar Harry Sommer, President and Chief Executive Officer of Norwegian Cruise Line.

Sebenarnya, hal ini bukan langkah pertama tur pesiar asal Norwegia ini dalam mengatasi sampah. Sejak 2018 silam, mereka telah menjalankan program “Sail & Sustain,” dengan memangkas pemakaian sedotan plastik, mengganti botol sabun dan shampo kecil dengan botol yang lebih besar, hingga meminimalisir pembuangan limbah serta mengurangi emisi karbon dioksida.

Informasi selengkapnya, kunjungi Norwegian Cruise Line.

Comments