Daftar Negara yang Terapkan Jam Malam Akibat Virus Corona

Potret jalanan kosong di kota Riyadh. (Foto: Mishaal Zahed)

Menyusul jumlah kasus COVID-19 yang telah menembus 1.016.408, beberapa negara di dunia tak hanya memberlakukan isolasi dan melarang turis asing memasuki wilayahnya. Pemerintah bahkan mulai memberlakukan kebijakan lebih keras, yakni dengan menerapkan jam malam guna membatasi pergerakan penduduk untuk menekan penyebaran virus. Berikut sejumlah destinasi yang memberlakukan sistem jam malam:

Arab Saudi
Sejak 23 Maret 2020, Arab Saudi telah memberlakukan jam malam mulai pukul 19:00 hingga 06:00 pagi waktu setempat selama 21 hari ke depan. Seluruh penduduk diminta untuk berada di dalam rumah saat jam malam berlangsung, kecuali jika ada urusan mendesak. Namun, aturan jam malam tidak berlaku bagi seluruh personel militer, awak media, serta seluruh petugas kesehatan dan publik. Selain itu, meskipun mal-mal di Arab Saudi akan ditutup, namun supermarket dan apotek akan tetap dibuka.

Namun, khusus untuk kota Mekah dan Madinah, Arab Saudi baru saja mengumumkan kebijakan yang lebih ketat, yakni memberlakukan jam malam selama 24 jam penuh. Itu artinya, warga tidak diizinkan meninggalkan rumah mereka, kecuali dalam keadaan darurat atau membeli kebutuhan pokok. Pihak berwenang juga telah menutup Mekah, Madinah, Riyadh, dan Jeddah serta melarang pergerakan antar provinsi.

Arab Saudi juga telah menghentikan seluruh penerbangan internasional, menutup sebagian besar tempat-tempat umum, menangguhkan ibadah umrah sepanjang tahun ini, dan meminta umat Islam seluruh dunia untuk menunda ibadah haji.

Balon udara yang ada di Cappadocia, Turki. (Foto: Daniil Vnoutchkov)

Negara di Timur Tengah
Guna mencegah penularan virus corona, beberapa negara di Timur Tengah juga memberlakukan kebijakan serupa, mulai dari Turki, Libya, Aljazair, Kuwait, Pakistan, Sudan, Yordania, dan Tunisia. Namun, durasi jam malam yang diberlakukan di tiap negara berbeda-beda. Rata-rata menerapkan larangan keluar pada jam malam selama delapan hingga 12 jam. Waktu dimulainya juga berbeda di tiap negara.

Kuwait memberlakukan aturan jam malam sejak pukul 17:00 hingga 04:00 waktu setempat. Jika melanggar aturan jam malam akan dijatuhi hukuman hingga tiga tahun penjara atau dikenakan denda mencapai Rp526 juta. Sedangkan, Sudan baru menerapkan kebijakan jam malam mulai pukul 20:00 hingga 06:00. Sementara itu, Turki sejauh ini baru memberlakukan larangan keluar rumah bagi penduduknya yang berusia di atas 65 tahun dan yang memiliki penyakit kronis. Mereka juga dilarang menggunakan transportasi umum.

Prancis
Prancis memutuskan untuk menerapkan jam malam di beberapa wilayah, dan memperketat aturan jam malam di beberapa kota seperti Nice dan Montpellier.

Paraguay dan Chili
Paraguay menerapkan kebijakan serupa di seluruh negeri yang dimulai pukul 20:00 hingga 04:00. Sementara, aturan jam malam di Chili berlaku mulai pukul 22:00 hingga 05:00 waktu setempat.

Baca juga: Daftar Destinasi yang Diisolasi Akibat Wabah Virus Corona; Indonesia Larang Turis Asing Masuk

Taj Mahal, tempat wisata populer di India. (Foto: Sylwia Bartyzel)

India
India juga memberlakukan aturan jam malam mulai pukul 21:00 hingga 07:00 waktu setempat. Selain itu, masyarakat India juag dilarang melakukan acara kumpul-kumpul dalam jumlah besar. Bisnis-bisnis yang dianggap tidak esensial diminta tutup sementara oleh pemerintah.

Filipina
Setelah resmi melaksanakan lockdown, Filipina juga menerapkan jam malam pada pukul 20:00 malam hingga 07:00 pagi. Perkantoran pun diminta untuk mengatur ulang jadwal kerja pegawai.

Wat Arun yang dipotret dari atas perahu yang berlayar di sungai Chao Phraya, Thailand. (Foto: Robson Hatsukami Morgan)

Thailand
Pemerintah Thailand memberlakukan jam malam mulai 3 April pukul 10 malam hingga Sabtu pukul empat pagi waktu setempat sebagai upaya mengurangi penularan virus corona. Jam malam tak berlaku pada transportasi untuk pasokan medis, orang-orang yang masuk karantina, pasien, dan petugas kesehatan. Sampai saat ini, Thailand sudah memberlakukan sekolah di rumah bagi pelajar dan kerja dari rumah untuk para karyawan. Mereka yang mengikuti kegiatan ini bakal mendapatkan data internet gratis.

Comments