Usai resmi membuka perbatasan dan kembali mengizinkan pelancong dari beberapa negara untuk datang, sampai saat ini, Singapura masih memberlakukan sejumlah aturan di destinasi favorit turis terkait. Salah satunya adalah Pulau Sentosa. Pihak pengelola resmi Sentosa Development Corporation (SDC) memperketat aturan bagi para pengunjung pantai.

Mulai 17 Oktober, pengunjung yang masuk ke pantai Sentosa Tanjong, Palawan dan Siloso wajib reservasi secara online—terutama di akhir pekan dan hari libur—terlebih dahulu sebelum berkunjung.

Pengunjung pantai dapat memilih dari dua slot waktu selama lima jam: 08:00 hingga 13:00 atau 14:00 hingga 19:00. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan pengunjung sehingga pengunjung tetap dapat menerapkan social distancing.

Baca juga: Turis WNI Kembali Bisa Transit di Singapura

Sementara untuk hari kerja, pengunjung dapat memasuki pantai tanpa reservasi, namun kapasitas bakal tetap dibatasi. Pemesanan dibatasi lima orang per grup dan akan dibuka pada 10 Oktober, untuk kunjungan mulai 17 Oktober 2020.

Sejalan dengan langkah-langkah social distancing, pantai Tanjong, Palawan dan Siloso telah dibagi menjadi tujuh zona, masing-masing dengan kapasitas 100 dan 350 orang. Saat tiba, pengunjung menunjukkan e-mail konfirmasi untuk verifikasi, kemudian penjaga akan memberikan gelang khusus.

Selain itu, pengunjung tetap harus memperhatikan protokol kesehatan seperti check-in dan check-out melalui SafeEntry, dan mengenakan masker setiap saat, kecuali saat makan dan minum, atau melakukan aktivitas berat.

Reservasi juga diperlukan untuk 15 lapangan pantai yang berada di pantai Tanjong, Palawan dan Siloso bagi pengunjung yang ingin bermain voli pantai. Maksimal hanya lima orang yang diizinkan dalam setiap permainan berbasis lapangan.

Informasi selengkapnya, kunjungi sentosa.gov.sg.