Sejak 1 April 2020 lalu, AirAsia Group resmi menghentikan seluruh operasional mereka di tengah pandemi COVID-19. Namun, maskapai berbiaya rendah terbaik sedunia tersebut menyatakan kesiapannya untuk memulai kembali penerbangan reguler rute domestik di beberapa negara yaitu Malaysia, Thailand, Filipina dan Indonesia.

Rencana rute domestik bakal dimulai pada 29 April untuk Malaysia, 1 Mei untuk Thailand dan Filipina, 4 Mei di India, dan Indonesia pada 7 Mei 2020. Dalam keterangan persnya, President AirAsia Group, Bo Lingam menyatakan bahwa rute-rute akan tersedia secara terbatas dan bertahap. Selain itu, pihak AirAsia juga telah melakukan penyesuaian prosedur penanganan penumpang di darat dan di udara guna menjamin perjalanan yang aman dan nyaman.

Para penumpang disarankan untuk menerapkan langkah-langkah pencegahan umum seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan diri selama penerbangan. Semua pesawat juga telah dilengkapi dengan penyaring udara High Efficiency Particulate Air (HEPA) berstandar rumah sakit, dan akan melalui proses desinfeksi menyeluruh setiap kali selesai penerbangan.

Baca juga: Cathay Pacific Tawarkan Cara Fleksibel Penggantian Jadwal Tiket; Philippine Airlines Kembali Terbang ke Indonesia

Untuk rute domestik, AirAsia Indonesia telah mengumumkan pembukaan kembali rute Surabaya–Denpasar yang akan kembali beroperasi pada 7, 10, dan 14 Mei 2020.

Informasi selengkapnya, kunjungi AirAsia.