3 Acara Kuliner Bersama Koki Michelin di Jakarta

arts cafe jakarta, raffles jakarta
Sun Kim, koki restoran Meta, Singapura.

Indonesia memang belum punya restoran yang diganjar penghargaan bintang Michelin. Namun, berkat lanskap kulinernya yang terus berkembang, banyak koki-koki dari restoran berbintang Michelin sudi untuk mampir ke sini dan menggelar sesi makan eksklusif. Setidaknya ada tiga acara kuliner di Jakarta yang akan melibatkan koki-koki peraih penghargaan tersebut dalam waktu dekat.

Pada 19 dan 20 Oktober 2018, Raffles Jakarta (raffles.com; 021/2988-0888) akan menggelar sesi makan malam kreasi tangan terampil Sun Kim dari restoran Meta di Singapura. Sun, yang menimba ilmunya di Australia, menciptakan hidangan Prancis dengan sentuhan Asia yang memikat. Keterampilannya memadukan dua cita rasa tersebut membuat Meta diganjar satu bintang Michelin pada 2017. Untuk sesi makan malam bertajuk The Star of Singapore yang dilangsungkan di Arts Café by Raffles tersebut, Sun akan mempersembahkan satu set menu berisi enam hidangan. Harganya dipatok Rp799.000++ per orang atau Rp1.488.000++ per orang termasuk wine.

Baca juga: Evolusi Restoran Hotel; 51 Restoran Ikonis di Jakarta dan Bali

grand hyatt jakarta, c's restaurant jakarta
Matt Worswick, koki salah satu restoran terbaik di Inggris yang siap memikat tamu di restoran C’s Steak & Seafood, Jakarta.

Grand Hyatt Jakarta juga kembali mengundang koki berbintang Michelin untuk menggelar sesi makan di C’s Steak & Seafood Restaurant (jakarta.grand.hyatt.com; 021/2992-1383). Kali ini giliran Matt Worswick dari restoran Matt Worswick at The Latymer, London. Sesi makan istimewa tersebut akan bergulir dari 24-27 Oktober 2018 serta tersedia untuk santap siang dan malam. Untuk makan siang, Matt akan menyajikan set menu berisi tiga hidangan dengan harga Rp550.000++ per orang. Sedangkan untuk makan malam, pria asal Liverpool tersebut telah menyiapkan set menu berisi enam hidangan dengan harga Rp1.450.000++ per orang. Tersedia juga opsi tambahan wine untuk kedua.

jakarta culinary feastival, jakarta culinary festival
Kiri-kanan: Rishi Naleendra dari Cheek by Jowl; Manjunath Mural dari Song of India.

Jika dua acara di atas lebih bersifat personal, maka acara ketiga yang melibatkan para koki berbintang Michelin bersifat lebih masif. Jakarta Culinary Feastival (jakartaculinaryfeastival.com) besutan Ismaya akan kembali hadir menyapa para pencinta kuliner. Bertempat di area Senayan City Mall, festival kuliner ini akan menghadirkan puluhan koki dan penjual makanan. Di daftar koki yang mengisi acara, ada dua nama yang datang dari dua restoran berbintang Michelin di Singapura, yakni Manjunath Mural dari Song of India dan Rishi Naleendra dari Cheek by Jowl. Festival kuliner ini bergulir dari 1-4 November 2018.

Comments