Jembatan Terpanjang di Dunia Resmi Dibuka

jembatan terpanjangJembatan sepanjang 55 kilometer ini menghubungkan Hong Kong-Zhuhai-Makau.

Setelah menunggu selama sembilan tahun, jembatan terpanjang di dunia akhirnya resmi dibuka pada 23 Oktober 2018. Jembatan yang meliputi jalan meliuk dan terowongan bawah laut ini membentang dari Pulau Lantau di dekat Bandara Internasional Hong Kong menuju Makau dan kota Zhuhai di Tiongkok.

Memiliki panjang 55 kilometer—20 kali lebih panjang daripada Jembatan Golden Gate di San Francisco, jembatan ini akan memangkas durasi perjalanan dari Bandara Internasional Hong Kong menuju Zhuhai menjadi hanya 45 menit. Sebelumnya, akses ke kedua kota tersebut membutuhkan waktu tempuh minimal empat jam.

Baca juga: Kereta Peluru Kini Hubungkan Hong Kong dan Tiongkok6 Tempat Pilihan di Hong Kong

Selain dibangun dengan menggunakan 400.000 ton baja—yang cukup untuk mendirikan 60 Menara Eiffel—jembatan ini didesain mampu menahan guncangan gempa dan terpaan angin topan. Nantinya, mega proyek senilai Rp303,8 triliun ini secara otomatis bakal menjadi landmark terbaru dan akan dimasukkan ke dalam Tujuh Keajaiban Arsitektur Dunia Modern.

Proyek ini juga merupakan bagian dari strategi Beijing untuk menciptakan Greater Bay Area dan menjadikan Hong Kong sebagai pusat untuk perjalanan ke berbagai tujuan di kawasan tersebut. Namun sayangnya tidak semua kendaraan bisa melintas jembatan ini, karena pihak pengelola bakal memberlakukan kuota harian dengan izin khusus.

Pengunjung harus menumpang bus antar-jemput dari Pelabuhan Hong Kong atau mobil sewaan yang tersedia di kantor imigrasi. Sekali jalan, tiketnya dibanderol Rp126.000 per orang pada siang hari, dan sekitar Rp136.000 pada malam hari. Bagi pengunjung yang ingin singgah ke Zhuhai lebih dari 24 jam, diwajibkan untuk mengurus permohonan visa di negara asal atau melalui layanan visa di Hong Kong.

Informasi lebih lanjut, kunjungi https://www.hzmb.gov.hk/en/.

Comments