Jelajah Bintan dalam 72 Jam

Untuk mengeksplorasi pulau seluas Bintan, perencanaan yang matang tentu diperlukan demi memaksimalkan waktu liburan. Berikut rekomendasi agenda wisata selama tiga hari yang mencakup antara lain sesi bermain di pantai, petualangan alam, serta tur budaya.

Interior Living Room Cassia Bintan.

Hari Pertama
12:00-14:00

Setibanya di Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah, mulailah trip dengan meluncur ke Bintan Resorts untuk check-in di penginapan. Liburan seru bersama keluarga di Bintan memperkenalkan resor-resor yang cocok untuk segala usia, sementara tamu pasangan bisa menggali ide dari tautan ini. Tenda-tenda glamping The Canopi, Treasure Bay Bintan, dan properti baru Cassia Bintan juga bisa menjadi opsi menarik untuk liburan bersama teman-teman. Beragamnya akomodasi di Bintan memudahkan Anda untuk memilih sesuai selera dan kebutuhan.

Usai meletakkan koper di kamar, nikmati makan siang di salah satu restoran yang tersedia di Bintan Resorts. Anda bisa memanjakan lidah dengan menyantap masakan autentik Indonesia di restoran Treetop milik Banyak Tree Bintan. Sementara jika mendambakan kuliner bercita rasa Asia, Neydles House di Nirwana Gardens menyuguhkan aneka mi buatan tangan dari Indonesia, Jepang, Korea, dan Thailand. Simak rekomendasi makanan dan minuman di Bintan untuk informasi lebih lanjut seputar kuliner dan restoran.

Mencoba stand-up paddling di Nirwana Gardens.

14:00-18:00
Jelajahi resor Anda dan nikmati aktivitas seperti berenang, tur Ninebot (Personal Transportation Robot yang beroperasi sejak pagi hingga petang), sesi yoga, olahraga air di pantai, atau bersantai dengan mencoba layanan spa untuk merejuvenasi tubuh.

Jika datang bersama keluarga, Anda mungkin akan tertarik mengunjungi Safari Lagoi untuk menemui beberapa satwa Indonesia yang dilindungi, contohnya beruang madu, komodo, dan orangutan. Beberapa satwa di sini merupakan hasil penyelamatan dari perburuan atau perdagangan ilegal.

Tempat lain yang menarik disambangi adalah Gurun Pasir Busung (Gurun Bintan) di Tanjung Uban. Awalnya bekas lahan tambang bauksit, Gurun Pasir Busung kemudian merekah jadi atraksi wisata. Di sini kita bisa menyaksikan padang pasir yang bergulung dalam warna keemasan dan beberapa kolam berwarna pirus—pemandangan Instagrammable yang membuat tempat ini populer di kalangan turis.

Suasana Calpyso Floating Bar, Nirwana Gardens yang romantis.

18:00-21:00
Untuk sesi pemanasan sebelum makan malam, kunjungi Bar7 Rooftop Bar & Grill di Grand Lagoi Hotel, lalu pilih sudut terbaik untuk menonton prosesi terbenamnya matahari. Opsi lainnya, Calypso Floating Bar di Nirwana Gardens, bertengger di ujung jembatan kayu dan menawarkan alunan musik santai, koktail yang variatif, serta panorama senja yang memesona.

Untuk sesi santap malam, Anda bisa berjalan sejenak ke Kelong Seafood Restaurant yang mengolah hasil tangkapan segar. Menu andalan tempat ini antara lain gonggong (siput laut), kepiting lada hitam, dan udang mentega. Jika mencari harga yang lebih terjangkau, Anda bisa menaiki shuttle bus dari resor menuju mal Plaza Lagoi. Di sini terdapat antara lain Warung Yeah! yang mengoleksi masakan lokal, serta Lamak Basamo yang mengandalkan menu rendang, lauk legendaris Indonesia yang pernah memuncaki daftar World’s 50 Most Delicious Foods versi CNN.

Salah satu instalasi di Lagoi Bay Lantern Park.

Rampung mengisi perut, ikuti tur malam di hutan bakau. Dalam tur atraktif ini, Anda akan diajak menyusuri Sungai Sebung, melacak kunang-kunang yang berpendar di antara dahan, serta menyaksikan jutaan bintang yang benderang di langit. Suguhan yang tak kalah “bercahaya” tersaji di Lagoi Bay Latern Park yang berjarak hanya selemparan batu dari Plaza Lagoi. Sesuai namanya, taman ini ditaburi lampion berwarna cerah dalam bentuk satwa laut dan satwa yang terancam punah.

Tags : Bintan
Comments