9 Resor Terpencil di Indonesia

Kami mengunjungi sembilan resor terpencil di sembilan kabupaten di Indonesia. Desainnya beragam, namun ada satu kesamaan yang ditawarkan mereka: pemandangan alam yang memikat.

Oleh Cristian Rahadiansyah, Fatris MF, dan Reza Idris

Kiri-kanan: Eksterior The Menjangan dengan desain tradisional; Pantai Restaurant di The Menjangan yang menawarkan sesi santap menyatu dengan alam.

The Menjangan
Jika ada penghargaan untuk resor paling menyepi di Bali, The Menjangan adalah salah satu kandidat terkuatnya. Properti ini berlokasi di sisi barat laut Pulau Dewata, persisnya di tepi kawasan Taman Nasional Bali Barat yang membentang seluas 19 ribu hektare. Butuh empat jam untuk menjangkaunya dari bandara. Perjalanan panjang yang sepadan dengan hasilnya: liburan kontemplatif yang terpisah dari dentuman musik di Legian dan gemuruh pesta di Seminyak.

The Menjangan meringkuk dalam kepungan alam rindang, jauh dari jalan utama. Teronggok dalam area konservasi, resor ini menerapkan regulasi ketat dalam banyak aspek. Contoh: akses jalannya dibiarkan telanjang. Aspal diharamkan karena akan menodai keutuhan ekologi. Kendaraan pun mesti meniti jalan tanah berbatu, menembus koridor natural yang dipagari pohon talok, cendana, dan trembesi. Demi menjaga alam pula, akomodasinya mengadopsi konsep rumah panggung kayu. “Jadi bangunan di sini mudah di bongkar, sekalian menjaga daerah resapan air di sekitar unit,” ujar Gelgel Aryawan, Guest Relations Manager. Kala malam membalut, tamu bisa menjumpai dua hingga tiga ekor rusa yang kerap lalu-lalang di sekitar properti.

The Menjangan menaungi dua jenis hunian. Tipe kamar ditempatkan di tengah rimba, masing-masingnya dengan akses mudah menuju kolam renang komunal. Tipe kedua, favorit di kalangan honeymooner, hadir dalam bentuk vila joglo yang bersemayam di Pantai Sentigi. Untuk segmen keluarga, properti anggota Lifestyle Retreats ini menawarkan The Residence, vila seluas 1.000 meter persegi yang bertengger di bibir tebing dan dihuni tiga kamar dengan beranda pribadi.

Berinteraksi dengan alam adalah aktivitas utama. Tamu bisa trekking, bersepeda, melacak burung, berkuda menembus hutan, atau yang paling menarik, menyelam di Bajul Bay dan Pulau Menjangan yang berjarak 15 menit menggunakan perahu. Diversitas bawah laut tempat ini memukau: 110 spesies karang, 120 jenis ikan, dan sembilan moluska. Satu lagi kelebihannya: kita tak perlu berjubel dengan banyak penyelam. Berbeda dari situs-situs populer semacam Tulamben dan Nusa Penida, perairan TN Bali Barat relatif minim manusia.

The Menjangan memayungi dua restoran. Bali Tower menawarkan area makan dalam menara setinggi 28 meter yang sekaligus beroperasi sebagai dek observasi. Sedangkan Pantai Restaurant berlokasi di tepi pantai dengan suguhan aneka menu laut yang menggiurkan.

Jl. Raya Gilimanuk, Singaraja KM 17, Desa Pajarakan, Bali; 0362/94700; themenjangan.com; mulai dari $254.



Comments

Related Posts

33456 Views

Book your hotel

Book your flight