Kiri-kanan: Air terjun Mata Jitu yang terkenal; dua orang tamu Amanwana menikmati Air Terjun Mata Jitu di Pulau Moyo.

Amanwana
Moyo. Kata yang asing di telinga. Ruang yang luput dari sudut mata. Namun tidak bagi selebriti dunia. Seorang madam dari kerajaan Inggris, pangeran asal Belanda, bintang film Mandarin, serta diva asal Amerika, pernah datang untuk berlibur di sini. Di pulau seukuran Grenada inilah Adrian Zecha, pengusaha blasteran Indonesia dan Ceko, mendirikan sebuah resor premium. Isinya tenda-tenda putih yang berbaris di tepi pantai, di kaki pepohonan rindang, di antara kawanan rusa yang kerap berkeliaran saban sore.

Amanwana memang bersarang di salah satu sudut yang paling memikat di negeri ini. Sudut yang jauh dan terpencil, tapi mungkin itu sebabnya hendak digapai, setidaknya oleh kaum glamor yang mendambakan privasi tanpa paparazzi. Pulau Moyo terapung di mulut Teluk Saleh, perairan luas yang menyayat Sumbawa dalam posisi diagonal. Di belakangnya, bukit-bukit saling merangkul bahu.

Kiri-kanan: Snorkeling di pantai di depan Amanwana; keindahan alam bawah laut Pulau Menjangan.

Di halamannya, laut pirus menyuguhkan karang dan ikan aneka warna. Memasuki jantung Moyo, cagar alam terhampar. Kegiatan safari di alam tropis inilah yang ditawarkan oleh Amanwana kepada tamu-tamunya. Di samping itu, ada tur menyelam, spa di alam terbuka, serta wisata pesiar menuju Pulau Satonda dan Taman Nasional Komodo menaiki kapal kayu mewah. Andaikan stamina cukup prima, tamu bisa mendaki Gunung Tambora di tepian Teluk Saleh. Namun jika relaksasi yang dicari, Amanwana memiliki sebuah bar yang menghadap Gunung Rinjani di pulau seberang.

Moyo tidak dilengkapi bandara. Tamu bisa terbang dulu ke Sumbawa, lalu menaiki perahu. Opsi lainnya: menaiki pesawat amfibi, lalu mendarat langsung di pelataran pulau. Usai perjalanan yang panjang, tamu akan diinapkan di tenda yang dihuni matras empuk dan kamar mandi dengan air panas. Ada 20 tenda di Amanwana. Kata staf resor, Putri Diana dulu menginap di tenda nomor 20. Jejaknya sudah tak tersisa, tapi auranya masih terasa.

Pulau Moyo, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat; 0371/222-33; amanresorts.com; tenda mulai dari $945, full-board.