Yordania Punya Museum Militer Bawah Laut Pertama

Tank Angkatan Bersenjata Yordania yang ditenggelamkan di dasar Laut Merah. (Foto: Aqaba Special Economic Zone Authority)

Jika Bahrain punya taman bawah laut dengan koleksi bangkai pesawat Boeing 747, pada akhir Juli 2019, Yordania akhirnya resmi membuka museum militer bawah laut pertama di dunia. Dilansir dari CNN, Pemerintah Yordania telah menenggelamkan tank, helikopter, ambulans, hingga kendaraan pengangkut pasukan ke lepas Pantai Aqaba di Laut Merah.

Sebanyak 19 kendaraan militer berlapis baja milik Angkatan Bersenjata Yordania yang telah dinonaktifkan, kemudian ditenggelamkan dan ditempatkan di dasar laut hingga kedalaman 28 meter untuk dijadikan koleksi museum ini.

Agar tidak merusak ekosistem asli laut, pihak pengembang mengklaim telah membersihkan seluruh kendaraan dari bahan-bahan berbahaya guna merontokkan sisa-sisa cat dan minyak.

Baca juga: Berkunjung ke Museum Kapal Selam; 8 Tempat Wisata Favorit di Yordania

Proyek ini merupakan proyek patungan dari Aqaba Special Economic Zone Authority dan perusahaan swasta. Laut Merah dipilih karena lokasinya cukup populer bagi wisatawan dunia, terutama para penyelam. Nantinya, museum ini juga tak hanya menjadi opsi destinasi yang unik bagi wisatawan dan para penyelam, tetapi juga memungkinkan terciptanya terumbu karang buatan, sehingga dapat memulihkan terumbu karang alami di sekitarnya.

Objek wisata yang memang didedikasikan bagi penyelam tersebut diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan ke resor penyelaman di kota pelabuhan selatan Yordania tersebut.

Comments