Dalam memerangi Covid-19, Thailand termasuk salah satu negara yang cukup berhasil menangani kasus corona dengan sangat baik. Hal ini didukung oleh aturan ketat dari pemerintah yang melarang kedatangan turis asing ke negaranya. Sampai berita ini diturunkan, Thailand memiliki 3.083 kasus Covid-19 dengan 58 kasus kematian.

Oleh karena itu, pemerintah Thailand akhirnya resmi membuka pintunya bagi wisatawan mancanegara mulai 1 Juli 2020. Pembukaan ini rencananya akan dilakukan secara bertahap dan tetap menerapkan sejumlah aturan ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan dokumen kesehatan. Selain itu, turis juga tetap diwajibkan memakai masker, menerapkan social distancing, dan mencuci tangan.

Baca juga: Vietnam Kembali Buka Pintu Bagi Wisatawan; Dubai Kembali Sambut Turis Mulai Awal Juli

Meskipun keadaan sudah membaik, namun sampai saat ini, Bandara Internasional Phuket masih akan ditutup hingga 30 Juni 2020, dan pemerintah masih memberlakukan jam malam di bagi warga lokal. Tetapi, beberapa bisnis ritel, museum, dan tempat wisata telah dibuka, serta restoran juga telah mengizinkan pelanggan untuk bersantap di tempat.