Furniturnya dilapisi material kulit berwarna solid.

“Saya ingin restoran ini menjadi tempat sosialisasi dan makan bagi siapa saja. Saya ingin orang bersantai dan menikmati makanan tanpa pretensi,” tutur Robert.

Sesuai namanya, Plantation Grill membidik kaum karnivor dengan menu yang terilhami era Great Gatsby, tapi dengan gubahan modern. Daging dan seafood dipanggang dengan perangkat klasik semacam kompor arang dan oven kayu bakar. Robert menyerahkan urusan memasak kepada Jamie Hogg, koki bertalenta asal Selandia Baru, yang juga mengepalai dapur Seminyak Italian Food.

Untuk menu pembuka, saya memesan prawn cocktail. Udangnya dikukus dengan bir, lalu disajikan dingin bersama saus lobakcognac. Rasanya menyegarkan, cocok untuk membangun selera. Selanjutnya, hadir black angus rib eye 300 gram yang disajikan dengan saus lada hitam, disusul oleh tiger prawn yang kaya sensasi pedas.

Di sesi penutup, saya menjatuhkan pilihan pada bomb Alaska, yakni kue dan es krim yang dilapisi meringue, kemudian dibakar langsung saat disajikan. “Semua menu disajikan secara simpel tanpa pernak-pernik rumit gastronomi molekuler,” kata Robert.

Kesan glamor terlihat dari pemilihan desain dan material interior.

Kontras dari interiornya yang mewah, Plantation Grill relatif baik hati dalam mematok harga dan cukup royal dalam mengatur porsi. Semua menu hadir dalam porsi besar. Seraya menikmati sisa-sisa bomb Alaska, saya mengamati ruang makan yang hampir terisi penuh. Plantation Grill tak cuma memberi alternatif tempat makan baru, tapi juga menegaskan reputasi Seminyak sebagai ibu kota kuliner Bali. Hampir semua koki terkenal di Bali berkerumun di sini.

Robert menyandarkan prospek restorannya pada filosofi memasak yang mengutamakan kesederhanaan. “Saya suka makanan yang simpel, namun berkarakter,” jelasnya. Kata-kata yang relatif rendah hati untuk orang yang pernah memasak untuk Nicole Kidman dan dipuji-puji oleh Gordon Ramsay. Siapa Robert Marchetti mungkin bukan pertanyaan yang penting. Saya lebih ingin tahu bagaimana ia menyajikan rib eye lezat berbobot 300 gram dengan harga cuma Rp390.000.

Double-Six Luxury Hotel Lt.4, Jl. Pantai Double Six 66, Seminyak, Bali; 0361/734-300; plantationgrillbali.com.

Dipublikasikan perdana di majalah DestinAsian Indonesia edisi Mei/Juni 2015 (“Sarang Karnivora”)