alila seminyak, alila seminyak harga
Beach Bar dan kolam renang yang berdiri berdampingan di Alila Seminyak.

Oleh Cristian Rahadiansyah & Yohanes Sandy

Alila adalah merek bintang lima dengan jumlah properti terbanyak dan cakupan geografis terluas di Bali. Ia hadir di hampir semua kawasan dalam sirkuit utama turis: Ubud, Karangasem, Uluwatu, Tabanan, dan kini, Seminyak. Mungkin itu sebabnya sulit menampik godaan untuk membandingkan Alila Seminyak dari para seniornya, terutama jika Anda seorang “Alila junkie.”

Di Bali, Alila Seminyak adalah satu-satunya resor Alila yang dilengkapi lift, kids’ club, dan ballroom. Jika properti Alila lainnya berbentuk kompleks yang eksklusif, Alila Seminyak justru bersemayam di area permukiman, terbelah secara harfiah oleh sebuah rumah, serta menawarkan sebuah restoran persis di tepi jalan raya yang sibuk.

“Alila” berarti “kejutan” dalam bahasa Sanskerta, dan Alila Seminyak adalah propertinya yang paling mengejutkan. Alila Seminyak memayungi 240 kamar dan sebuah penthouse yang merupakan satu-satunya kamar dengan kolam renang privat. Superior, kamar tipe terendah, diletakkan di tepi jalan raya. Alasannya, kamar tersebut didedikasikan bagi tamu yang ingin lebih mudah menjelajah Seminyak.

Baca juga: Konsep Baru Seasalt; Program Ramah Lingkungan 5 Hotel di Bali

Berkat fitur yang minimalis, kamar-kamarnya terasa lapang. Di tipe Ocean Suite misalnya, tidak ada meja kerja, tidak ada pemisahan wastafel pria dan wanita yang menjadi ciri khas Alila. Balkonnya dilengkapi sofa untuk bersantai, sementara bathtub-nya diletakkan di dekat jendela agar kita bisa berendam seraya menikmati panorama samudra.

alila seminyak, alila seminyak harga
Kamar tipe Deluxe Ocean Suite yang dirancang menatap langsung Samudra Hindia.

Resor ini dirancang oleh Gaurang Khemka dari URBNarc, firma yang sebelumnya menangani Indian Heritage Centre di Singapura. Secara umum, karakter desain Alila masih terjaga. Ada lantai batu putih yang anggun, papan-papan kayu yang dibariskan apik, serta kamar-kamar yang merangkul alam berkat pintu kaca yang bisa digeser sepenuhnya.

Sesuai filosofi bisnis Alila, resor ini juga menerapkan sejumlah prinsip ramah lingkungan. Sebagian tubuh resor dibuat dari materi daur ulang. Di dalam kamar, AC akan padam otomatis ketika pintu dibuka. Inilah sebagian alasan Alila Seminyak lolos uji EarthCheck dengan poin yang impresif.

Halaman selanjutnya: raih kesempatan memenangkan menginap dua malam di Ocean View Suite di Alila Seminyak.