Program Ramah Lingkungan Hilton di Bali

hilton garden innKolam renang dengan taman rindang di Hilton Garden Inn, hotel yang berjarak hanya lima menit berkendara dari Bandara Ngurah Rai.

Menyusul dihentikannya penggunaan sedotan plastik di seluruh properti grup Hilton di Asia Tenggara, tiga properti Hilton di Bali (Conrad Bali, Hilton Bali Resort, dan Hilton Garden Inn Bali Ngurah Rai Airpot) meluncurkan dua proyek ramah lingkungan.

conrad bali
Kolam renang di area suite Conrad Bali.

Per Juli 2019, ketiga hotel tersebut kini hanya menyediakan air mineral dalam botol kaca di kamar-kamarnya. Menggandeng produsen lokal, Spring, program ini diharapkan dapat mengurangi sampah plastik di Bali. “Dengan program ini, ketiga hotel kami di Bali dapat memangkas lebih dari 500 ribu botol plastik per tahun,” ujar Nils-Arne Schroeder, Regional General Manager untuk Hilton Indonesia dan Timor Leste.

Proyek tersebut diharapkan menjadi langkah awal bagi properti Hilton di Bali untuk lebih melahirkan program-program ramah lingkungan ke depannya.

mountain mamas tabanan
Isabel Wijsman dan Nils-Arne Schroeder usai meresmikan fasilitas baru Mountain Mamas. (Foto: Yohanes Sandy)

Tak hanya berinisiatif mengurangi produksi sampah secara langsung, ketiga properti Hilton tersebut juga menggandeng organisasi Bye Bye Plastic Bags Bali dalam program pengolahan sampah menjadi barang lebih berguna.

Dengan dana Action Grant sebesar $5.000, ketiga propeti Hilton di Bali itu membangun fasilitas baru untuk program Mountain Mamas yang berada di bawah payung Bye Bye Plastic Bags Bali. Program tersebut menggerakkan ibu-ibu di Desa Wanagiri Kauh, Tabanan untuk memproduksi tas dari bahan-bahan bekas.

“Mountain Mamas membuat tas dari kain-kain bekas. Hasil penjualannya sebagian untuk ibu-ibu rumah tangga ini dan sebagian lagi masuk ke kas Bye Bye Plastic Bags Bali yang akan digunakan untuk program penyuluhan waste management ke desa-desa,” ujar Isabel Wijsen, salah satu pendiri Bye Bye Plastic Bags Bali. Isabel juga berharap tas daur ulang tersebut juga akan mengurangi penggunaan tas plastik oleh masyarakat dan turis.

mountain mamas
Beberapa wanita yang tergabung dalam Mountain Mamas.

Dalam program keroyokan ini, Hilton membangun fasilitas workshop baru yang lebih layak seluas 150 meter persegi serta meningkatkan instalasi pipa air dan listrik. Tak hanya itu, Hilton juga menyumbangkan sejumlah peralatan menjahit ke organisasi yang menaungi sekitar 40 wanita di Desa Wanagiri Kauh itu. Ke depannya, ketiga properti Hilton di Bali tersebut juga akan membantu memasarkan tas-tas produksi Mountain Mamas.

hilton bali resort
Salah satu kolam renang di Hilton Bali Resort.

Sebagai bagian dari komitmen Travel with Purpose yang diusung Hilton, jaringan hotel asal Amerika Serikat tersebut berencana untuk memangkas lebih dari setengah produksi sampahnya dan menggandakan investasi untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan pada 2030.

Informasi lebih lanjut, kunjungi Hilton.  

Tags : Hilton
Comments