Untuk kedua kalinya, festival tahunan populer di Jerman, Oktoberfest, kembali harus dibatalkan karena pandemi. Perdana Menteri Bavaria Markus Söder dan Wali Kota Munich Dieter Reiter resmi mengumumkan berita tersebut pada konferensi pers bersama di Munich pada 3 Mei 2021.

Perayaan Oktoberfest ke-187 semula dijadwalkan berlangsung dari 18 September hingga 3 Oktober 2021. Namun, ia mengatakan bahwa kesehatan dan keselamatan seluruh warga sebagai prioritas. “Oleh karena itu, kami resmi membatalkan acara ini,” tuturnya.

Ada tiga faktor yang menjadi alasan utama mengapa Oktoberfest harus batal, yakni situasinya yang masih terlalu tidak pasti dan berisiko; ketakutan merusak nama Oktoberfest; dan potensi menimbulkan kekacauan karena harus menerapkan pemakaian masker dan jarak sosial. Meskipun ia juga mengakui pembatalan festival ini nantinya akan berdampak pada ekonomi.

Baca juga: Konser Dapat Izin, 20 Festival Musik Siap Digelar Tahun Ini

Selain itu, Jerman juga dikabarkan masih melakukan lockdown yang diperkirakan akan berlangsung hingga Juni, serta melarang melakukan pertemuan besar. Hingga saat ini, Jerman telah memiliki 3.486.462 kasus COVID-19 dan 84.811 kematian.

Informasi selengkapnya, kunjungi oktoberfest.de.