Pencinta museum dan pendaki gunung umumnya tidak berkumpul di tempat yang sama—kecuali mungkin di Messner Mountain Museum Corones di Italia. Museum yang diresmikan akhir Juli silam ini bertengger di ketinggian 2.275 meter dan memiliki misi memperkenalkan seni, sejarah, dan disiplin pendakian gunung kepada publik. Koleksinya juga mencakup perlengkapan, foto, serta beragam benda yang dikumpulkan oleh penggagas museum, Reinhold Messner, seorang pendaki senior asal Italia. Dialah manusia pertama yang mendaki Everest tanpa tabung oksigen tambahan, serta manusia pertama yang menaklukkan 14 gunung dengan ketinggian minimum 8.000 meter.

Namun Anda tak perlu menjadi pendaki tulen untuk menikmati MMM Corones. Bangunannya yang ajaib juga merupakan sebuah atraksi wisata. Didesain oleh arsitek ternama kelahiran Irak, Zaha Hadid, museum ini terlihat seperti gerbong kereta futuristik yang menabrak gundukan di puncak gunung, lalu tersangkut di antara bebatuan. Salah satu ujungnya difungsikan sebagai balkon observasi di mana pengunjung bisa menyaksikan panorama menakjubkan Pegunungan Alpen.

MMM Corones juga tidak sendirian, melainkan bagian dari jaringan enam museum bertema gunung yang disebar dari Belluno hingga South Tyrol di utara Italia. Beberapa tetangganya antara lain MMM Juval yang mendokumentasikan mitos dan legenda pegunungan; MMM Ortles yang fokus pada es dan gletser; serta MMM Ripa yang mengisahkan komunitas-komunitas yang hidup di pegunungan. Kronplatz; Plan de Corones, Italia; 39-471/631-264; mmmcorones.com.

Dipublikasikan perdana di majalah DestinAsian Indonesia edisi November/Desember 2015 (“Memori Messner”).