First Airlines baru saja menawarkan paket liburan virtual terbaru. Perusahaan maskapai penerbangan yang berbasis di Tokyo ini mengajak “penumpang” untuk jalan-jalan menggunakan teknologi VR selama dua jam ke tempat-tempat wisata populer di Jepang dan dunia—mulai dari Paris, New York, Roma, hingga Hawaii.

“Maskapai” yang berada di jantung kota Ikebukuro ini dirancang menyerupai kabin pesawat. Layaknya perjalanan jauh sungguhan, kabin didesain sedemikian rupa, mulai dari kursi, kehadiran “pramugari” hingga sajian menu maskapai penerbangan yang ditangani oleh koki profesional.

Saat akan “terbang”, lampu di ruangan akan meredup, dan terdengar suara bising dari mesin pesawat. Suasana realistis ini akan membuat tamu lupa bahwa tengah berada di dalam ruangan. Setelah “lepas landas”, penumpang diminta menggunakan perangkat VR untuk melihat pemandangan kota dari tempat yang mereka tuju.

“Pesawat” dilengkapi 12 kursi—delapan kursi First Class dan empat kursi Kelas Bisnis. Bagi Anda yang ingin jalan-jalan di Jepang, ada dua opsi pengalaman virtual yang bisa di pilih. Bagi Anda ingin menelusuri pemandangan indah di Jepang dapat memilih plan A, sedangkan Plan B cocok bagi pelancong yang ingin menikmati sejarah dan budaya Jepang yang kaya dan beragam. 

Baca juga: Maskapai Virtual Reality di Tokyo

Meski hanya perjalanan virtual, para staf tetap menjalankan protokol kesehatan dan keamanan selama perjalanan. Di antaranya adalah pemeriksaan suhu di meja check-in, menjaga jarak sosial dan wajib mengenakan masker.

Informasi selengkapnya, kunjungi First Airlines.