Kawasan Marina Bay Singapura selama PSBB. Akibat eksodus ekspatriat, harga-harga kebutuhan hidup di negara ini menurun. (Foto: Victor He)

Oleh Cristian Rahadiansyah  

Pertama kalinya sejak 2013, Singapura tersingkir dari puncak klasemen kota termahal di dunia. Tahun ini, menurut indeks Worldwide Cost of Living (WCOL), gelar sang petahana direbut oleh Zurich.

Beralih ke dasar tabel, gelar kota termurah juga berpindah tangan. Karakas, Ibu Kota Venezuela, digeser oleh Damaskus, Ibu Kota Suriah—sebuah tempat suram yang diganyang perang.   

Baca Juga: Negara Pemasok Turis Terbanyak Selama Pandemi

WCOL disusun oleh Economist Intelligence Unit (EIU), lembaga riset yang berbasis di London. Indeks ini membandingkan harga 138 produk dan layanan di 133 kota. Komponen yang disurvei antara lain makanan, pakaian, alat transportasi, dan pekerja domestik.

Grand Palace, ikon Bangkok. Dalam daftar kota termahal 2020, Ibu Kota Thailand berada di ranking 46, turun 20 peringkat. (Foto: Taylor Simpson)

Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, daftar kota termahal dan termurah mengalami banyak perubahan akibat pandemi. Di beberapa kota, terganggunya jalur distribusi barang mengakibatkan peningkatan harga kebutuhan hidup. Teheran, Perth, dan Guangzhou adalah contoh kota yang kian mahal akibat problem tersebut.

Baca Juga: Negara yang Paling Butuh Uang Liburan Anda

Sebaliknya, di beberapa kota lain, pandemi membuat harga-harga kian murah. Akibat daya beli publik menurun, banyak barang didiskon besar-besaran. Contoh kota yang kian terjangkau tahun ini ialah Reykjavik, Sao Paulo, Rio de Janeiro, serta Bangkok. Khusus Singapura, turunnya harga lebih disebabkan oleh eksodus kaum ekspatriat.  

Panorama Zurich, peringkat satu Worldwide Cost of Living 2020. (Foto: Florian Wehde)

Perubahan lain dalam WCOL 2020 terletak pada komposisi kota per benua. Tahun lalu, ada lima wakil Asia dalam daftar 10 kota termahal, yakni Singapura, Hong Kong, Osaka, Seoul, dan Tel Aviv. Tahun ini, jumlahnya hanya empat, setelah Seoul terlempar dari klasemen atas.

Berikut daftar 10 kota termahal dan lima kota termurah di 2020: 

Kota Termahal 2020
Rank Kota
1        Zurich
1        Paris
1        Hong Kong
4       Singapura
5       Tel Aviv
5       Osaka
7       Jenewa
7       New York
9       Kopenhagen
9       Los Angeles

Kota Termurah 2020
Rank Kota
129    Almaty
130    Karacas
130    Lusaka
132    Tashkent
133    Damaskus