Korea Gratiskan Biaya Visa

Rayakan ASEAN-Republic of Korea Commemorative Summit, Korea bebaskan turis WNI dari biaya visa selama tiga bulan. (Foto: Shawn Ang)

Pada 25 dan 26 November 2019 mendatang, Pemerintah Korea Selatan akan menggelar ASEAN-Republic of Korea Commemorative Summit di Busan. Untuk merayakan acara tersebut, pemerintah memutuskan untuk menggratiskan biaya visa selama tiga bulan kepada negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia.

“ASEAN-Republic of Korea Commemorative Summit dan program bebas biaya visa ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi banyak warga negara Indonesia yang ingin menikmati keindahan alam dan kebudayaan Korea,” ujar Duta Besar Korsel untuk Indonesia, H.E Kim Changbeom, seperti dikutip dari siaran pers resminya.

Minat warga negara Indonesia untuk mengunjungi Korea Selatan memang terus melonjak tiap tahunnya. Pada 2018, Kedutaan Besar Korea di Indonesia telah menerbitkan total 157.924 visa. Jumlah ini meningkat 15 persen dibandingkan tahun lalu.

Bebas biaya visa berlaku mulai 1 Oktober sampai 31 Desember 2019. Tipe visa yang termasuk dalam program ini hanya berlaku untuk tujuan kunjungan Singkat (C-3) dan Single entry (klasifikasi visa C-3). Jenis visa ini berlaku untuk satu kali dengan waktu kunjungan 30 hari dan maksimum 90 hari, dengan masa berlaku visa tiga bulan setelah tanggal penerbitan.

Baca juga: Urus Visa Korea Lebih Mudah; 6 Negara Bebas Visa Terbaru Untuk Turis WNI

Selama tiga bulan tersebut, pelancong akan dibebaskan dari biaya visa sebesar US$40 (sekitar Rp560.000). Namun biaya administrasi pendaftaran sebesar Rp196.000 tetap berlaku. Turis WNI dapat mengajukan permohonan visa di Korea Visa Application Center (KVAC) yang terletak di Lotte Shopping Avenue Jakarta, Lantai 5.

Informasi selengkapnya, kunjungi overseas.mofa.go.kr.

Comments