Silver Dawn, kapal baru Silversea Cruises yang diproduksi di Italia. (Foto: Fiippo Vinardi/Silversea)

Bulan lalu, operator pesiar mewah Silversea Cruises menyambut kapal baru Silver Dawn. Bulan ini, jadwal pelayarannya resmi dilansir.

Silver Dawn merupakan kapal ke-10 Silversea. Bahtera buatan Italia ini diklaim sebagai perpaduan Silver Muse dan Silver Moon. “Dengan kehadiran Silver Dawn, kami menegaskan posisi kami sebagai pemimpin dalam pelayaran ultra-mewah,” jelas Roberto Martinoli, CEO Silversea, dalam siaran persnya.

Silver Dawn memiliki volume 40.700 ton. Khas Silversea, kapasitasnya cukup minim, hanya 596 penumpang dan 411 kru. Kabinnya berukuran mulai dari 31 meter persegi, dengan 96% di antaranya dilengkapi beranda privat.

Kapal baru ini juga dilengkapi delapan restoran. Fasilitas lainnya meliputi kasino, pusat kebugaran, spa, teater, serta tentu saja kolam renang di geladak atas.

Mendokumentasikan pembuatan kapal ini, Silversea mendatangkan Steve McCurry, fotografer kondang sekaligus kontroversial. Steve memotret proses perakitan dan sejumlah kru Silver Dawn di galangan Fincantieri.

Lisbon, salah satu destinasi yang akan dikunjungi Silver Dawn pada Maret 2022. (Foto: Michiel Annaert)

Silver Dawn akan memulai pelayarannya pada Maret 2022. Pada 18 Maret, kapal ini akan bertolak dari Florida menuju Lisbon dengan tarif terendah $7.250 (sekitar Rp105 juta) per orang. Sebulan berselang, Silver Dawn melayani trayek Lisbon-Venesia dengan tarif mulai dari $19.500. 

Silver Dawn bukanlah kapal terakhir dari Silversea. Bulan ini, pihak operator sudah meneken kontrak produksi kapal baru yang dinamai Silver Nova. Jika tak ada aral melintang, kapal ini akan melaut pada pertengahan 2023.