Jelajah Pulau Bawah Bersama Arifin Putra

Kiri-kanan: Fasilitas bungalo di akomodasi tipe Deluxe Beach Suite. (Baju dan celana dari Biyan.); pesawat amfibi yang membawa tamu Bawah Reserve dari dan menuju Batam. (Kemeja dan celana dari Biasa.)

Meski kenyamanan kamarnya rentan membuat tamu bermalas-malasan sepanjang hari, tawaran utama Bawah Reserve adalah mengarungi alam. Selama di sini, Arifin sibuk mengeksplorasi laut pirus yang membingkai pulau. Pria yang pernah berperan di film The Raid 2 ini juga sempat mengitari Sanggah, pulau tetangga, menggunakan kayak. “Airnya tenang, jadi tak perlu khawatir terbawa ombak,” tuturnya.

Pulau Bawah bertetangga dengan lima pulau: Sanggah, Murbal, Elang, Lidi, ditambah satu pulau kecil anonim. Masing-masingnya dikelilingi pantai landai berpasir halus dan lautan beralaskan karang yang menawan. Butuh berhari-hari untuk tuntas mengarungi semuanya. “Kami juga menyediakan opsi kegiatan piknik di salah satu pulau,” tambah Mohra, staf Bawah Reserve.

Panorama laut dan pulau yang terlihat dari teras Overwater Bungalow, akomodasi yang terinspirasi rumah panggung di Kepulauan Anambas. (Kemeja dan celana dari Biasa.)

Bagi petualang pemula, menjelajahi daratan Pulau Bawah merupakan awalan yang ideal. Setidaknya ada tiga jalur yang bisa ditempuh, dengan trek yang relatif ramah kaki. Butuh waktu kira-kira 30 menit untuk mencapai puncak pulau. Dari titik tertinggi ini, tamu bisa melayangkan pandangan ke pulau-pulau tetangga yang terapung di Laut Tiongkok Selatan. “Saat melihat panorama seperti itu, saya semakin yakin bahwa alam Indonesia sangat indah,” jelas Arifin

Jika punya banyak waktu, petualangan bisa diteruskan ke pulau-pulau yang lebih jauh. Pulau Penjalin, misalnya, tersohor sebagai salah satu mutiara tercantik Anambas. Pulau tak berpenghuni ini memiliki garis pantai yang melengkung elok, ombak yang relatif kalem, serta panorama mentari terbenam yang mengagumkan. Anambas juga memiliki Pulau Durai, “klinik” bertelur favorit penyu lokal. Jaraknya hanya sekitar satu jam menaiki perahu dari Tarempa. Di musim menetas, kita bisa melihat para tukik lari terbirit-birit menuju laut.

Dermaga tempat bersandar perahu dan yacht di Pulau Bawah. (Kemeja dan celana dari Hermès.)

Menurut informasi dari warga setempat, primadona utama Anambas adalah laguna. Kepulauan ini menyimpan banyak mangkuk air yang dibingkai karang. Kata warga lagi, salah satu lokasi terbaik untuk menikmati keindahan alam itu ialah Pulau Bawah. Di sekitar pulau ini terdapat tiga laguna, dan semuanya bisa dijangkau dengan snorkeling.

PANDUAN

Rute
Kepulauan Anambas berada di sisi utara Provinsi Kepulauan Riau. Bandaranya terletak di Desa Letung, Pulau Jemaja.Penerbangan ke bandara muda ini dilayani dari Batam oleh dua maskapai: Susi Air (susiair.com) dan Wings Air (lionair.co.id). Jika menginap di Bawah Reserve, tamu cukup terbang ke Batam, lalu meneruskan perjalanan dengan menaiki pesawat amfibi yang disediakan pihak resor.

Penginapan
Hotel terdapat di pulau-pulau besar, contohnya Jemaja, Siatan, dan Matak. Sementara Bawah Reserve (bawahreserve.com; mulai dari $1.780 untuk dua orang. Tarif khusus turis domestik tersedia) terletak di Pulau Bawah. Tarifnya mencakup antar-jemput dengan pesawat amfibi, makan tiga kali per hari, minuman non-alkohol sepuasnya, sesi spa, serta jasa penatu. Resor ini menaungi 35 kamar yang masing-masingnya dilengkapi penyejuk udara, kipas angin, air panas, koneksi internet, mesin peracik teh dan kopi, serta kulkas. Satu-satunya yang absen hanyalah televisi. Bawah Reserve juga menyediakan beragam aktivitas berjadwal, mulai dari trekking hingga piknik. Kecuali menyelam, semua kegiatan bisa dinikmati gratis.

Dipublikasikan perdana di majalah DestinAsian Indonesia edisi Januari/Maret 2019 (“Kisah dari Bawah”).

Comments