Mulai Juni, kian banyak negara mengendurkan PSBB. Dari Eropa hingga Australia, aktivitas sosial dan bisnis diizinkan beroperasi terbatas dan bertahap, termasuk maskapai penerbangan. Salah satunya adalah AirAsia Indonesia. Maskapai bujet ini berencana kembali mengoperasikan pesawat komersial mereka untuk melayani penerbangan domestik di Indonesia mulai 19 Juni 2020 mendatang,

Diumumkan melalui situs web resminya, ada beberapa rute penerbangan AirAsia yang dibuka kembali secara bertahap. Rute penerbangan tersebut adalah Jakarta-Bali (QZ 7520), Bali-Jakarta (QZ 7521), Jakarta-Medan (QZ 192), dan Medan Jakarta (QZ 193). AirAsia menjadwalkan penerbangan rute Jakarta-Bali (PP) dan Jakarta-Medan (PP) sebanyak empat penerbangan selama seminggu. Penerbangan tersebut dijadwalkan pada hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu dengan waktu penerbangan yang bervariasi.

Baca juga: AirAsia Tawarkan Penggantian Jadwal Tak Terbatas; Singapore Airlines Hentikan Sementara Layanan First Class

Namun, selama masa pandemi Covid-19, bagi penumpang yang akan bepergian ke sejumlah kota menggunakan AirAsia tetap harus menyertakan beberapa persyaratan perjalanan:

  1. Identitas diri (KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah)
  2. Surat keterangan uji Rapid-Test dengan hasil non reaktif yang berlaku tiga hari atau surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku tujuh hari pada saat keberangkatan, atau surat keterangan bebas gejala seperti influensa (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh rumah sakit atau puskesmas.
  3. Mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada ponsel.
  4. Mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (e-HAC) yang dapat diakses melalui aplikasi seluler e-HAC Indonesia atau sinkarkes.kemkes.go.id/ehac.
  5. Khusus penumpang tujuan akhir Jakarta diharuskan memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) yang dapat diproses di https://corona.jakarta.go.id/id/izin-keluar-masuk-jakarta#11sektor.
  6. Khusus penumpang tujuan akhir Bali wajib menunjukkan hasil tes PCR (bukan Rapid-Test) dengan hasil negatif dan mengisi formulir https://cekdiri.baliprov.go.id/.

Informasi selengkapnya, kunjungi AirAsia.