Masjid Istiqlal di Jakarta. Tahun ini, Indonesia bertengger di peringkat kedua destinasi wisata halal terbaik, bersama Arab Saudi dan Turki. (Foto: Mosquegrapher)

Indonesia naik dua peringkat dalam tabel destinasi wisata halal terbaik di dunia. Dalam Global Muslim Travel Index (GMTI) 2022, Indonesia bertengger di posisi kedua, bersama Arab Saudi dan Turki yang memiliki poin serupa.  

Tahun ini, Malaysia kembali menduduki peringkat pertama. Namun begitu, jarak poin antara Malaysia dan Indonesia menipis. Pada 2021, Malaysia membukukan 80 poin, sementara Indonesia 73. Tahun ini, keduanya hanya terpisah empat poin.

Khusus peringkat negara-negara non anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), peringkat pertama dihuni Singapura, disusul oleh Taiwan, Thailand, dan Inggris. Performa impresif diperlihatkan Spanyol, yang berhasil naik enam peringkat dari tahun lalu.  

Alhambra, istana di Spanyol yang bermula sebagai masjid pada abad ke-13. Tahun ini, Spanyol naik enam peringkat destinasi wisata halal terbaik. (Foto: Diego Allen)

GMTI 2022 diumumkan pada 1 Juni. Indeks ini disusun oleh CrescentRating bekerja sama dengan Mastercard. CrescentRating, yang bermarkas di Singapura, adalah lembaga pemeringkat sekaligus konsultan di bidang wisata halal.

Total ada 138 destinasi dalam GMTI 2022. Jumlahnya menurun dibandingkan tahun sebelumnya, lantaran Rusia dan Ukraina dikeluarkan dari tabel. Seperti sudah diketahui, kedua negara ini sedang berperang dan mustahil bisa dievaluasi. 

Peringkat GMTI dihasilkan dari evaluasi atas empat parameter: akses, komunikasi, lingkungan, serta servis. Tiap parameter ini memiliki beberapa turunan kriteria, contohnya kualitas infrastruktur transportasi, tingkat keamanan turis, hingga ketersediaan fasilitas salat.

Satu yang berbeda tahun ini ialah, CrescentRating melibatkan pula kriteria sustainability. Mereka mengukur usaha dari tiap destinasi dalam mereduksi sampah plastik dan emisi karbon. Kriteria ini akan dipakai untuk GMTI edisi berikutnya.

Masjid Sultan di Singapura. Negara ini meraih peringkat satu destinasi wisata halal terbaik, khusus kelompok non anggota OKI. (Foto: S. Fraser)

GMTI 2022 juga dibarengi dengan pengumuman Halal in Travel Awards. Ajang penghargaan ini terdiri dari 10 kategori. Mardhiyyah Hotel menyabet trofi Muslim-friendly Hotel of The Year; Women Deluxe meraih Beach Resort of The Year; sementara Istanbul Grand Airport ditetapkan sebagai Airport of The Year.

Satu penghargaan diberikan kepada Indonesia. Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif, diganjar Personality of The Year. “Kita harus menciptakan peluang-peluang usaha yang berdasar pada halal tourism. Terdapat beberapa destinasi wisata yang dapat kita unggulkan, misalnya Aceh, Sumatera Barat, Jawa Barat, Lombok, dan Kalimantan Selatan,” ujarnya. —Aisha Amira