Beberapa waktu silam, India dikabarkan siap kembali membuka perbatasannya dan bersiap membuka penerbangan internasionalnya. Namun, Directorate General of Civil Aviation (DGCA) India baru saja mengumumkan bahwa mereka resmi memperpanjang penangguhan penerbangan penumpang internasional terjadwal hingga 30 September mendatang. Mereka juga menyebutkan bahwa hanya penerbangan berjadwal internasional pada rute tertentu yang diizinkan terbang.

Sebelumnya, India telah menangguhkan penerbangan internasional terjadwal pada 23 Maret 2020. Kemudian secara perlahan, India kembali mengoperasikan penerbangan internasional khusus di bawah Vande Bharat Mission sejak Mei 2020. India juga telah menyetujui pengaturan air bubble bilateral dengan beberapa negara sejak Juli 2020, yang memungkinkan layanan penerbangan dilanjutkan dengan negara-negara ini.

Baca juga: Aturan Baru untuk Turis yang Datang ke India

Bahkan pada akhir Oktober 2020, pemerintah India telah melakukan pelonggaran pembatasan visa. Dengan kebijakan ini, India resmi mengizinkan seluruh warga negara asing datang melalui jalur udara atau laut untuk keperluan apa saja, mulai dari bisnis hingga pendidikan, dan kesehatan—namun kecuali untuk pariwisata.

Informasi selengkapnya, kunjungi dgca.gov.in.