Harga Tiket Masuk Colosseum Naik

Mulai 1 November 2019, harga tiket masuk ke tempat wisata paling populer di Roma ini resmi naik. (Foto: Justine Camacho)

Pemerintah Italia tampaknya semakin ketat dalam menjaga kelestarian bangunan-bangunan bersejarah mereka. Setelah sejak 2017 silam mulai membatasi gelombang turis yang berkunjung ke Venesia, kali ini mereka bakal memberlakukan kebijakan baru di kota Roma.

Mulai 1 November 2019 mendatang, harga tiket masuk Colosseum bakal naik, dan berlaku untuk turis lokal maupun mancanegara. Meskipun tidak terlalu besar, namun tiket turis diperkirakan naik kurang lebih sepertiga dari harga normal. Dari yang sebelumnya hanya Rp63.000, kini naik menjadi Rp68.000 per orang. Sementara, untuk paket satu hari mengelilingi Colosseum-Forum–Palatine dari Rp186.000 kini menjadi Rp217.000, sedangkan untuk paket dua hari menuju Colosseum–Arena–Forum–Palatine kini dibanderol Rp280.000.

Namun, harga ini tidak berpengaruh jika turis mengambil paket wisata SUPER (Seven Unique Places to Experience in Rome). Tur ini diibanderol Rp341.000 sudah mencakup mulai dari pemandu tur privat, mengunjungi situs-situs dunia mulai dari Cryptoporticos Neroniano, Museo Palatino, Casa di Augusto, Casa di Livia, Tempio di Romolo dan Santa Maria Aquatica. Paket ini berlaku selama dua hari berturut-turut.

Namun, pihak pengelola masih tetap menggratiskan tiket bagi pengunjung yang berusia di bawah 18 tahun, dan diskon kurang lebih Rp31.000 untuk para wisatawan mancanegara yang berusia mulai dari 18 tahun hingga 25 tahun.

Baca juga: Harga Tiket Masuk Candi Borobudur dan Prambanan Naik; Harga Tiket Masuk Taj Mahal Melonjak

Colosseum hingga saat ini masih menjadi salah satu destinasi wisata sejarah favorit wisatawan jika berkunjung ke Roma. Saban tahun, area gladiator zaman Romawi ini selalu dikunjungi kurang lebih empat juta orang tiap tahunnya.

Comments