Harga Tiket Masuk Candi Borobudur dan Prambanan Naik

Terhitung mulai 2 September 2019, harga tiket masuk ke dua candi tersebut resmi naik.

Harga tiket masuk ke Candi Borobudur dan Prambanan resmi naik. Berita ini dikutip dari surat edaran yang diterbitkan oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) (PT TWC), selaku BUMN pengelola ketiga candi tersebut.

Terhitung mulai 2 September 2019, harga tiket harian naik sebesar 25 persen dari Rp40.000 ke Rp50.000 per orang dewasa, dan Rp25.000 untuk anak berusia tiga sampai 10 tahun. Sementara, untuk wisatawan pelajar dan mahasiswa bakal dibanderol Rp25.000 per orang

PT TWC juga menginformasikan bahwa kenaikan harga tiket ini hanya berlaku bagi wisatawan domestik. Selain itu, kenaikan harga tiket juga hanya diterapkan untuk Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Sementara harga tiket untuk Candi Ratu Boko tidak akan mengalami kenaikan.

Kedua candi besar ini merupakan objek wisata terpopuler di wilayah Yogyakarta dan Magelang. Pada 2015, pengunjung Candi Borobudur mencapai 3,58 juta jiwa dan menghasilkan pemasukan sebesar Rp96,49 miliar.

Baca juga: Tanah Seribu Candi; 48 Jam di Siem Reap

Tahun ini, diperkirakan kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur bakal meningkat lebih tajam, terutama saat Lebaran dan menjelang libur akhir tahun. Apalagi, sekarang New Yogyakarta International Airport (NYIA) sudah mulai beroperasi. Kapasitas bandara baru yang dibuat lebih besar itu akan menjadi pintu masuk integrasi wisata Yogyakarta-Borobudur dengan membuka perjalanan darat untuk melintasi sejumlah objek wisata dari Kulon Progo-Bukit Menoreh-Borobudur.

Informasi selengkapnya, kunjungi bumn.go.id.

Comments